Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Evakuasi Bencana Alam Banaran, Jumat


Informasi kegiatan proses evakuasi korban bencana alam tanah longsor di dusun tangkil desa banaran kecamatan pulung kabupaten ponorogo, dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan brifing dan pembagian tugas yaitu sebagai berikut.

Rencana iat 07 april 2017 dengan relawan berjumlah 686 orang yang terbagi menjadi 4 sektor A, B, C dan D. Penambahan sektor pencarian yaitu dektor D bertugas mengurai material longsoran yang menutupi aliran sungai, pencarian kemungkinan korban yang sudah berada di di sektor B karena unit K9 sudah menemukan titik bau jasad korban, Membuat talud sementara di sektor D aar air tidak mengaliri rumah warga.

Sektor A bertugas melakukan penyisiran wilayah yan berdekatan dengan tebing penahan longsoran dengan menggeser satu alat berat melalui sektor B. tiga alat berat melanjutkan kegiatan untuk menyisir wilayah atau jalan utama.

Sektor B bertugas menyisir lokasi ke lokasi nomor 9 ( rumah wara dengan nama Pak Bintomo ), menyisir ke arah atas lokasi tumpukan tanah yang masih blank spot antara sektor A dan sektor B.

Sektor C bertugas menyisir ke arah atas dengan dukungan alkon ( penyemprot ).

Pencarian korban fokus di sektor B, jalur operasi SAR untuk hari jumat adalah mengalirkan aliran sungai agar sesuai dengan alirannya. Jumat, adalah hari ke 7 sejal dimulainya proses evakuasi dan relawan sudah mencapai titik jenuh karena sudah dua hari belum mendapatkan hasil. Yang dibutuhkan adalah :

  1. Kemungkinan rolling relawan dari luar aar ada penyegaran, demikina juga diperlukan penggantian peralatannya.

  2. Pembakar semangat relawan dengan keanekaragaman logistik termasuk makanan bergizi tinggi.


Proses evakuasi masih terus berlanjut sampai hari ini ( sabtu, 8 april 2017 ) dengan agenda pencarian korban.

Posting Komentar untuk "Proses Evakuasi Bencana Alam Banaran, Jumat"