Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mainkan Drone Sebelum Drone Dilarang

Insiden penembakan terhadap sebuah drone mainan di lingkungan Istana Kerajaan Raja Salman di Arab Saudi beberapa waktu lalu ( 21/4 ) telah menyebabkan diputuskannya pelarangan penggunaan Drone di daerah-daerah tertentu di Arab Saudi kecuali bagi yang telah mendapatkan izin. Mungkinkah peraturan tersebut akan diberlakukan di Indonesia?

Jika dianalisa lebih lanjut sebetulnya peraturan tersebut tidaklah diberlakukan jika tidak ada insiden yang menyebabkan kecurigaan di kalangan aparat di lingkungan tertentu yang memang diberlakukan penjagaan yang ketat. Jadi, jika di Indonesia aman-aman saja, maka go away saja mainan drone, asal jangan yang terlalu gede yha, dan jangan terlalu tinggi karena bisa mengganggu lalu lintas pesawat resmi yang melintas di udara di atas daerah kita.

Sebagaimana dilakukan kawan-kawan kominfo beberapa waktu lalu saat ada acara makan malam dan kumpul bareng. Mereka bermain drone dengan bebas, karena memang tidak pada daerah rawan dan berbahaya. Ini dilakukan untuk pelatihan, sebagai salah satu tuntutan sebagai awak media yang harus memiliki ketrampilan menjadi seorang pilot Drone yang akan membawa sebuah kamera untuk mengambil gambar dan video dari atas obyek yang tidak bisa diraih tanpa menggunakan peralatan canggih ini.

So, sebelum ada larang mainan drone, segera mainkan drone kamu. Tidak menutup kemungkinan karena banyaknya pengguna drone, suatu saat nanti bakal ada SIM khusus untuk pilot drone, mungkin namanya yang paling cocok adalah SIM D. [slep]

Posting Komentar untuk "Mainkan Drone Sebelum Drone Dilarang"