Kembali Ke Khittah Perjuangan Pemuda Muhammadiyah

Pelantikan PCPM Jentim, Sambutan Ketua
Ketua PC.PM Jentim Adib Khusnul Rois, S.Pd.I pada Pelantikan PCPM Jenangan Timur di Tanjungsari 17 Ramadhan 1439 H kemarin menekankan pemuda harus kembali kepada khittah perjuangan pemuda  Muhammadiyah. khittah dalam bahasa Arab adalah - خِـطةً – يَخُطﱡ –  خَطﱠ yang berarti rencana, jalan, atau garis. Dengan demikian, khittah perjuangan dapat diartikan sebagai rencana, jalan, atau garis perjuangan Pemuda Muhammadiyah dalam mewujudkan misi dan cita-cita gerakannya.

Khittah perjuangan Pemuda Muhammadiyah berisi pokok-pokok pikiran yang diharapkan dapat menjadi garis perjuangan gerakan Pemuda Muhammadiyah ke depan. Di dalam rumusan Khittah Perjuangan ini terkandung aspek pembaruan sekaligus kesinambungan. Aspek pembaruan diarahkan pada upaya peneguhan eksistensi Pemuda Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang mampu menyelesaikan problematika umat Islam, khususnya mereka yang bernaung di bawah panji-panji persyarikatan Muhammadiyah. Sementara aspek kesinambungan merupakan upaya mempertahankan capaian-capaian positif yang selama ini dilakukan oleh Pemuda Muhammadiyah.

Khittah Perjuangan Pemuda Muhammadiyah diharapkan bukan hanya sekedar retorika yang kaya wacana tetapi miskin kerja nyata. Melalui khittah, gerakan Pemuda Muhammadiyah diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pemulihan krisis yang telah lama menghimpit sendi-sendi kehidupan bangsa dan negara. Sudah saatnya Pemuda Muhammadiyah bangkit sebagai kekuatan terdepan di dalam merespon dan menyikapi dinamika zaman. Pemuda Muhammadiyah harus tekun, rajin, dan cerdas dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi hari esok. 

Adib juga menkankan kepada gerakan Akar Ranting yaitu; menghidupkan dan memperkuat jaringan Ranting yang ada di bawah, Ranting merukan Akar dari organisasi pemuda Muhammadiyah ibarat pohon tanpa Akar yang kuat akan sangat mudah terhempas badai angin yang keras. maka dari itu sudah seharusnya pemuda muhammadiyah yg ada di cabang dan daerah bisa memberikan penguatan kepada Ranting untuk memperkokoh Organisasi dalam Dakwah persyarikatan dan kembali kepada khittah Perjuangan Pemuda Muhammadiyah yang sesui dengan Al-Quran dan Al-Hadis. [Adib K.R]
Kembali Ke Khittah Perjuangan Pemuda Muhammadiyah Kembali Ke Khittah Perjuangan Pemuda Muhammadiyah Reviewed by pdpm on Juni 02, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post Ads

Klik Link ini Untuk mengikuti Polling II pemilihan 13 Formatur Musyda XVI : https://s.surveyplanet.com/_hThfiuv2