Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alat Permainan Edukatif (Ape) Pelangi Kata


Dunia pendidikan anak-anak tidak terlepas dari bermain dan juga berbagai alat permainan. Melalui aktivitas bermain, berbagai fantasinya, tujuannya dan pekerjaannya terwujud. Dan tentu saja, sebagai guru, tujuan pembelajaran pun tercapai. Saat anak bermain, semua indera anak bekerja aktif. Semua informasi ditangkap oleh indera anak, disampaikan ke otak sebagai rangsangan, sehingga sel-sel otak aktif dan berkembang. Karena itu kegiatan bermain anak perlu difasilitasi oleh pendidik di sekolah untuk mendukung agar anak menjadi aktif dan kreatif. pembelajaran pada anak usia dini adalah pondasi pendidikan bagi anak yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak, oleh karena itu perlu adanya proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.

Banyak mainan sekarang ini yang semakin kreatif dan beraneka macam. Tentunya hal ini akan membuat anak semakin tertarik untuk belajar membaca atau menulis jika seorang guru bisa memberikan layanan alat permainan yang sangat menarik pula. Banyak mainan yang dibuat guru dengan tema yang berbeda-beda, memang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan pada anak. Dan memang seorang guru harus pandai-pandai membuat alat permainan yang inovatif, agar anak tidak bosan dan tidak mesti alat permainan yang mahal buatan pabrik yang bahan pembuatannya semakin hari semakin membahayakan bagi kesehatan anak didik. Salah satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak usia prasekolah ataupun usia SD/MI adalah alat permainan edukatif yang lebih dikenal dengan APE. 

Alat Permainan Edukatif (APE) adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan tingkat perkembangannya, serta berguna untuk: 1) Pengembangan aspek fisik, yaitu kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang atau merangsang pertumbuhan fisik anak, trediri dari motorik kasar dan halus; 2) Pengembangan bahasa, dengan melatih berbicara, menggunakan kalimat yang benar; 3) Pengembangan aspek kognitif, yaitu dengan pengenalan suara, ukuran, bentuk. Warna, dll; 4) Pengembangan aspek sosial, khususnya dalam hubungannya dengan interaksi ibu dan anak, keluarga dan masyarakat.

Jangan sampai daya kreativitas dan inovasi para guru dalam menyelenggarakan proses belajar yang berkualitas bagi anak semakin lemah.

(oleh: Sri atin, Mahasiswi Unmuh Ponorogo Prodi PGMI).


Posting Komentar untuk "Alat Permainan Edukatif (Ape) Pelangi Kata"