Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Yang Istimewa di TM1 PCIPM Pulung

Ada yang istimewa pada kegiatan pelatihan kader dasar yang dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Pulung ( PCIPM ) di MAM 5 Sidoarjo Pulung Ponorogo ahad 26/5 kemarin. Selain kegiatan ini diikuti oleh pelajar-pelajar dari berbagai sekolah Muhammadiyah tingkat SLTP dan SLTA, juga di hadiri oleh Abu Hanifah S.Sos yang akan menularkan ilmu jurnalistik kepada seluruh peserta pelatihan kader dasar yang dikenal dengan Taruna Melati 1 ( TM 1 ).

Ahu hanifah hadir bersama rombongan dari Bidang Kominfo PDPM Ponorogo dalam agenda pemudamu.com goes to school. Beliau bersama tim mengisi acara selama 1 jam tentang ilmu jurnalistik berupa materi dan workshop menulis berita yang dipandu oleh eks jurnalis portal berita detik.com Taufik Sidqi Huda, salah satu anggota bidang Kominfo PDPM Ponorogo.

Peserta TM 1, karena semuanya pelajar tentu sudah terbiasa menulis, namun rupanya bagi mereka menulis berita adalah hal yang baru. Apalagi penulisan ini harus mengandung unsur 5W1H, sebagai ilmu dasar jurnalistik. Untungnya Taufik sidqi telah menjelaskan bagaimana menerapkan ilmu tersebut ke dalam tulisan berita. Sehingga, walaupun banyak yang kurang sempurna, setidaknya ada 3 tulisan terbaik yang telah dipilih oleh tim kominfo dari seluruh tulisan produksi peserta saat diadakan praktek menulis berita di akhir sesi acara. 3 penulis tersebut berhasil mendapatkan hadiah spesial dari tim kominfo PDPM Ponorogo.

Ilmu jurnalis ini semakin memudahkan panitia TM 1 untuk mencapai target yang membidik generasi milenial agar menjadi muslim kaffah sebagaimana tema yang dihadirkan, " Mengaplikasikan Alquran dan AlHadits Untuk mewujudkan Generasi Muslim Milenial yang Kaffah ". Sebagai muslim, generasi milenial harus mampu menjadi produsen  informasi, bukan hanya sebagai konsumen yang kadang-kadang terbawa oleh opini yang dibangun oleh produsen informasi yang tidak jarang kontra produktif dengan tujuan perjuangan umat Islam.[red]


Posting Komentar untuk "Ada Yang Istimewa di TM1 PCIPM Pulung"