Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebaran Fitri, Momentum Indah Saling Memaafkan

Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H atau biasa disebut oleh masyarakat Indonesia dengan istilah Lebaran pada tahun ini bertepatan pada tanggal 5 Juni 2019 M. Lebaran menjadi salah satu hari yang paling ditunggu umat Islam diseluruh penjuru dunia. Di Indonesia, lebaran memiliki budaya khas yang mungkin tidak dimiliki oleh negara berpenduduk muslim lainnya. Karena hanya di Indonesia khususnya orang jawa, lebaran mempunyai makna tersendiri.

Silaturrahim dan saling memaafkan dengan sesama adalah salah satu ritual utama dalam menyambut momentum Lebaran. Setelah 30 hari lamanya melaksanakan ibadah puasa, dimeriahkan dengan gema takbir diseluruh penjuru negeri, dilanjutkan pagi harinya shalat Idul Fitri, dan diteruskan dengan silaturahim dan saling memaafkan antar sesama saudara.

Pada momentum lebaran tersebut segala masalah dan dendam yang terjadi seakan akan melebur menjadi sebuah ikatan persaudaraan yang indah dan mengharukan. Dimana tidak ada lagi orang yang merasa benar, tapi semuanya merasa memiliki kesalahan sehingga harus meminta maaf tanpa harus diminta seperti layaknya seorang kesatria.

Setelah hampir 1 tahun lebih situasi negeri ini memanas karena saling mencaci maki, fitnah, dan menebar kebencian karena efek mendukung paslon capres dan cawapres dalam pemilu, maka tentunya kita berharap di hari nan fitri nanti semua elemen anak bangsa menahan diri untuk tidak saling mencaci lagi. Mari bersatu padu dan bersama sama membangun Negeri ini agar dama dan sejahtera. Watak ke indonesia an kita tumbuhkan kembali, yakni saling memaafkan dan membuka lembaran baru. Karena sejatinya dalam politik tidak ada yang kekal abadi, sekarang lawan besok bisa jadi kawan.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H
Mohon Maaf Lahir & Batin.

Abdul Rhosid, SE.
Bendahara Umum Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Ponorogo.

Posting Komentar untuk "Lebaran Fitri, Momentum Indah Saling Memaafkan"