Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemuda Muhammadiyah di usia ke 85 tahun


[caption id="attachment_1043" align="alignleft" width="200"] Adip khusnul Rois, Ketua bidang kewirausahaan PDPM Ponorogo[/caption]

Pemuda Muhammadiyah adalah salah satu organisasi otonom Muhammadiyah, yang merupakan gerakan Islam, amar ma'ruf nahi munkar, bersumber pada Al-Quran dan As-Sunnah. Organisasi otonom Muhammadiyah ini memiliki sejarah yang cukup panjang dalam soliditas ideologis, soliditas kepemimpinan, dan soliditas gerakan.

Pemuda Muhammadiyah memiliki  jiwa kepemimpinan yang berbasis pada jiwa ke tauhidan. jiwa yang membebaskan, jiwa yang mendukung kemanusiaan, keadaban, keadilan,  dan kesetaraan. Pemuda Muhammadiyah selalu menerapkan konsep gerakan Al Maun. Pemuda Muhammadiyah adalah organisasi yang lebih mengedepankan kualitas pengkaderan. Pemuda Muhammadiyah harus tekun, rajin, dan cerdas dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi hari esok. Pemuda Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang mampu menyelesaikan problematika umat Islam, khususnya mereka yang bernaung di bawah panji-panji persyarikatan.

“FASTABIQUL KHAIRAT” harus menjadi spirit dan landasan gerak bgi setiap aktivitas dan kreativitas yang dilakukan oleh kader-kader Pemuda Muhammadiyah. Nalar baru gerakan pemuda Muhammadiyah sebagai simbolisasi membangun tradisi keilmuan dan pararel dengan tradisi gerakan.

Pemuda Muhammadiyah melahirkan gerakan Khittah Cipondoh  sebagai arah gerakan  strategis penentu bagi perubahan bangsa dan peradaban dunia. Pemuda Muhammadiyah mendirikan Madrasah Anti korupsi (MAK) sebagai gerakan Pendidikan merawat dan membentengi integritas kader.

Pemuda Muhammadiyah memiliki Gerakan ayah hebat mendorong model kesadaran kolektif pentingnya peran ayah dalam membangun pendidikan karakter anak. KOKAM sebagai lokomotif gerakan komando yang memiliki trilogi Kokam yakni menjaga ukhuwah Islamiyah, merawat NKRI dan menggembirakan kemanusiaan.

Pemuda Muhammadiyah melawan kemiskinan dengan langkah mendirikan warung dhuafa sebagai gerakan sosial kemasyarakatan. Gerakan advokasi publik untuk kaum mustad'afin melalui satgas advokasi Pemuda Muhammadiyah sebagai gerakan sosial. Gerakan ekonomi Pemuda Muhammadiyah dengan menyatukan para pengusaha muda perserikatan melalui program "Mallmu" langkah maju untuk generasi perserikatan.
Ditulis oleh : Adip khusnul Rois, Ketua bidang kewirausahaan PDPM Ponorogo

Posting Komentar untuk "Pemuda Muhammadiyah di usia ke 85 tahun"