Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa MAM2 Yanggong Syukuri Kelulusan Dengan Kegiatan Agama

Perhelatan akbar Ujian Nasional (UN) tingkat SLTA sudah berakhir. Hari ini seluruh siswa mengumpulkan energi untuk menerima pengumuman hasil kelulusan Ujian Nasional.

Kegigihan usaha dan doa semua siswa dan seluruh guru di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo tidak sia-sia. Seluruh siswa di Madrasah yang tahun ini menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dinyatakan lulus 100%.

Pengumuman kelulusan merupakan peristiwa mendebarkan yang dinanti oleh siswa. Saat siswa dinyatakan lulus, banyak cara yang dilakukan untuk mengekspresikan kegembiraannya. Salah satunya dengan corat-coret seragam dan konvoi. Namun pemandangan berbeda terlihat di MA Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo yang mengisi acara pengumuman kelulusan dengan kegiatan keagamaan.

Kepala Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Yanggong Drs. Sugianto, M.MPd mengatakan bahwa dalam pengumuman kelulusan di Madrasah ini siswa mengadakan kegiatan keagamaan seperti sujud syukur, tausiyah memaknai kelulusan, dan sharing tentang bagaimana menghadapi masa depan setelah ujian lulus ujian. Kemudian diakhiri dengan shalat dzuhur berjamaah serta ramah tamah kepada semua guru.

"Kelulusan Ujian Nasional hakikatnya bukanlah akhir dari sebuah perjalanan, tetapi merupakan sebuah awal dari sebuah perjalanan hidup yang sesungguhnya. Gelar lulus SLTA mengharuskan lulusan untuk mampu menentukan pilihan hidup, entah itu kuliah ataupun kerja. Jadi apabila kelulusan diluapkan dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat seperti corat-coret dan konvoi sesungguhnya itu merugikan". Lanjut Sugianto.

Aefa Tri Wardani salah satu siswa yang kini sedang menjalani proses masuk Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengatakan "Kelulusan dengan melakukan konvoi dan corat-coret itu sudah tidak zaman. Itu bukan ungkapan syukur kepada Allah, padahal kelulusan ini tidak bisa lepas dari campur tangan Allah."

Apa yang dilakukan siswa MA Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo itu merupakan ekspresi kelulusan yang elegant. Masih banyak hal bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan untuk mengekspresikan kelulusan Ujian Nasional. Nah, buat adik-adik SMA, mari kita tinggalkan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.

2 komentar untuk "Siswa MAM2 Yanggong Syukuri Kelulusan Dengan Kegiatan Agama"

  1. Semoga alumni MAM 2 Yanggong Ponorogo sukses selalu serta berdaya guna dan berhasil guna .

    BalasHapus