Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahun Baru 2021, Tahun 2020 : Histori Pandemi

Tahun Baru 2021, Tahun 2020 : Histori Pandemi

pemudamu - Tahun 2020 telah berlalu, digantikan tahun yang baru, 2021. Tahun 2020 akan tercatat dalam sejarah, terangkum dalam memori sebagai salah satu tahun yang luar biasa. Penuh haru, perjuangan, perubahan hingga epic moment.

Diawal tahun 2020 hampir semua orang memiliki sebuah rencana baru yang lebih baik untuk dirinya, keluarga, pekerjaan dan lebih luas lagi, biasanya lebih tenar dengan istilah resolusi tahun baru.

Namun realita yang terjadi berbanding terbalik dari ekspektasi semula. Dunia dikagetkan dengan munculnya virus corona. Dengan cepat virus yang kemudian diberi nama covid-19 menyebar ke berbagai belahan dunia. 

Dirangkum dari berbagai sumber disebutkan nyaris tidak ada tempat yang tidak terpapar virus ini. Hingga pertengahan tahun 2020 hanya benua antartika yang masih bertahan, masih bebas dari sebarannya.

Semuanya berubah.

Berbagai upaya untuk memutus penyebaran covid-9 dilakukan oleh pemerintah. Perkantoran pemerintah, perusahaan dan sektor usaha dihimbau untuk meliburkan aktivitas perkantoran, diganti dengan bekerja dari rumah yang disebut Work From Home.

Yang juga akan merekam dalam sejarah pandemi ini adalah para pelajar TK hingga mahasiswa. Semua aktifitas pembelajaran dialihkan ke pembelajaran daring. Pada masa mendatang bisa jadi akan ditemui murid Sekolah Dasar yang sudah menginjak perkuliahan bercerita pada masa kecilnya bahwa dulu pernah sekolah dari rumah, tidak bisa bermain dengan temannya di halaman sekolah dalam waktu yang lama.

Hingga menjelang akhir tahun 2020, sebaran kasus virus corona masih terjadi. Angka kasus masih tinggi. Pemerintah terus berupaya memutus mata rantai sebarannya didukung lembaga sosial dan organisasi masyarakat. 

Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Covid Comand Centre (MCCC) juga aktif terlibat dalam upaya pencegahan dan penanganan virus ini. 

Menjaga jarak, rajin dan sering mencuci tangan, memakai masker adalah edukasi kepada masyarakat tiada henti digalakkan MCCC. Pemberian bantuan masyarakat terdampak pandemi, hingga saat ini mengirimkan kader-kader Muhammdiyah untuk menjadi relawan pemakaman jenazah yang meninggal karena terpapar virus yang pada Maret lalu mulai menjangkiti Indonesia.

Pemakaman jenazah terpapar virus corona tidak bisa dilakukan seperti biasa, harus mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan. Protokol kesehatan bertujuan untuk melindungi warga, petugas kesehatan dan tentu saja relawan pemakaman.

Hari - hari terakhir tahun 2020 covid-19 belum juga menunjukkan tanda-tanda melemah, bahkan kabar lain menyebut, Antartika satu-satunya benua yang masih bertahan, masih steril dari corona akhirnya dilaporkan terkait kasus pertama virus yang telah membuat pola hidup berubah drastis ini sebagaimana dikabarkan media nasional.

Kini tahun baru telah datang, hampir semua orang memiliki harapan yang sama, virus corona atau covid-19 segera sirna, segera hilang, supaya kehidupan kembali normal, demikian seperti beberapa status media sosial yang beredar.

Tulisan ini adalah pembuka tulisan-tulisan berikutnya dari media pemudamu.co.

Meski tulisan ini bisa dibilang panjang, mencoba merangkum yang terjadi, dampak sebaran virus corona, namun belun sepenuhnya bisa terangkum semuanya. 

Sekali lagi, selamat datang tahun 2021, semoga bulan tahun ini lengkap Januari sampai Desember, tidak seperti tahun 2020 yang Januari - Ferburai - Pandemi - Desember, demikian cuitan beberapa warga seperti juga yang ada di media sosial.

Pemudamu.co tetap menyapa, hadir sebagai media untuk semua, yang tentu saja tetap juga menerima tulisan dari pembaca, jurnal, artikel, tulisan pribadi maupun berita. Salam redaksi

Posting Komentar untuk "Tahun Baru 2021, Tahun 2020 : Histori Pandemi"