Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wartawan CNN Hadiri Forum MDMC Pusat

Wartawan CNN Indonesia, Hendrawan Setiawan ( kanan bawah ), saat berikan materi jurnalistik secara daring menggunakan aplikasi Zoom, Sabtu 19/6

Menyikapi adanya informasi yang berseliweran di masyarakat yg kurang ukurat pada setiap kegiatan tanggap bencana khususnya di Indonesia, Muhammadiyah Disaster Management Center ( MDMC ) PP Muhammadiyah mengadakan Workshop Jurnalis yang di khususkan pada kegiatan penanganan kebencanaan, sabtu 19 juni 2021.

Workshop yg diikuti oleh perwakilan MDMC dari seluruh Indonesia ini di pandu oleh tim MDMC pusat d UMY, Yogjakarta menggunakan media Zoom.

Ratusan relawan MDMC telah mengikuti dengan antusias sejak pukul 9.00 Pagi mulai dari menyimak materi jurnalism dari wartawan CNN Indonesia,  Hendrawan Setiawan, juga materi penting dari ketua MDMC Pusat Budi Setiawan. Pemateri lain yang tidak kalah pentingnya adalah Dosen Komunikasi senior UMY Dr. Anggun Junaedi yang sudah sangat dikenal memiliki relasi luas dengan wartawan tingkat nasional.

Hendrawan Setiawan dari CNN memberikan paparan yang sangat detail mengenai adab jurnalistik baik secara umum maupun pada kegiatan tanggap bencana. 

" Paling tidak pada liputan kegiatan tanggap bencana, informasi yang ditulis memiliki unsur 4 W ", papar beliau saat memberikan beberapa patokan yang sekaligus menunjukkan perbedaan liputan umum dengan liputan pada kondisi tanggap bencana. 4 W yang dimaksud adalah What, Where, When, Who. Ini sedikit berbeda dengan informasi umum yang wajib mengandung unsur 5W 1H.

Meski forum ini di adakan secara online, namun peserta tetap saja mendapatkan tugas whorkshp yakni dengan menulis berita pres rilis dengan obyek kegiatan Workshop itu sendiri. Dan tidak diduga ternyata peserta memiliki antusias yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tulisan yang terkirim ke panitia baik melalui Group Whatsapp yang sebelumnya memang sudah disiapkan, maupun melalui kolom Chat di aplikasi Zoom.

Diharapkan setelan acara ini berakhir akan muncul jurnalis-jurnalis MDMC baru yang siap memproduksi informasi akurat dan mengawalnya hingga dipublikasikan ke publik dengan lebih profesional. [red]

Posting Komentar untuk "Wartawan CNN Hadiri Forum MDMC Pusat"