Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kajian Islami MPK PDM Ponorogo Part 6 : Menghadapi Stres di Era Pandemi Covid-19

 


pemudamu - Majelis Pendidikan Kader PDM Ponorogo secara rutin mengadakan kajian islami yang sudah mencapai part 6 yang diperuntukkan masyarakat umum. Pada bulan November ini kajian dilakukan pada Sabtu (25/09/2021) melalui aplikasi zoom meeting dengan diikuti lebih dari 50 audien.

Praktisi psikologi Dr. Khoiruddin Bashori, MA menjadi pembicara dalam kajian ini, dengan tema bahasan “Menghadapi Stres di Era andemi Covid-19, Dalam Perspektif Kesehatan Jiwa, Sosial, Dan Budaya”. Serta Ketua LKSA Nurus Syamsi Ponorogo Dr. Imam Rohani, M. Pd.I. yang ditunjuk sebagai moderator.

Menurut Dr. Khoiruddin Bashori, MA “stress sendiri berarti bentuk ketegangan fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang sehingga dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit, dan gangguan-gangguan mental”

“Stress tidak selalu negatif justru stress dapat mendongkrak kinrja seseorang, tetapi terlalu banyak stress dapat menyebabkan kecemasan berlebihan dan tidak produktif,” jelas Dr. Khoiruddin Bashori

“Dalam menghadapi stress di era pandemi ini tidak hanya dengan memperbanyak doa tetapi ikhtiar dan tawakal juga harus tetap berjalan,” ujar Dr. Khoirudin Bashori

 “Dengan melakukan manajemen stress dengan baik maka akan didapat keuntungan yang baik pula, seperti kesehatan fisik yang lebih baik, lebih banyak stamina dan energy, emosi stabil, memiliki sifat positif, menjadi orang yang bahagia dan penuh harapan, serta kemampuuan untuk fokus meningkat dan dapat belajar untuk mencapai hasil yang optimal,” tambahnya.

Salah satu upaya dalam menghadapi stress yaitu dengan mengubah cara berfikir yang juga dapat mengubah cara merespon dan bereaksi terhadap suatu masala salah satunya pandemi covid-19 ini. Serta perlunya mengubah cara pandang untuk menentukan bagaimana respon dan apa yang kita peroleh. Jika cara pandang negatif maka akan mendapat sesuatu yang negatif begitupun sebaliknya jika kita menggunakan cara pandang positif maka akan mendapat sesuatu yang positif pula.

Penulis : Naki' Alfadilla mahasiswa D3 Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Posting Komentar untuk "Kajian Islami MPK PDM Ponorogo Part 6 : Menghadapi Stres di Era Pandemi Covid-19"