Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meneladani Kepemimpinan Rasulullah SAW

 

Universitas Muhammadiyah Ponorogo kembali menggelar kegiatan Pengajian Ahad pagi di Masjid Al Manar Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada tanggal 24 Oktober 2021. Kegiatan Pengajian Ahad pagi tersebut dilaksanakan secara rutin setiap hari Minggu.

Kegiatan Pengajian Ahad pada pagi itu dilaksanakan tepatnya di depan halaman Masjid Al Manar dan bisa juga dilihat melalui Streaming YouTube Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan pengisi Materi, Prof. Dr. Thohir Luth, M.A. Pengajian Ahad Pagi kali ini mengangkat tema "Meneladani Kepemimpinan Rasulullah SAW".

Bersumber pada Al- Qur'an surah Al-Ahzab Ayat 21 dan surah Al Fath ayat 29. Merusaknya satu rumah tangga, rusaknya satu kelompok, masyarakat dan rusaknya satu negara sebab utamanya adalah, mengingkari kebenaran yang diteladani atau yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Apa materi yang diajarkan oleh Rasulullah? Itulah Al-Qur'an dan As-sunnah. Di dalam Al-Qur'an surah Al-Ahzab Ayat 21, Allah SWT. memulai dengan ayat "Laqad kāna lakum fī rasụlillāhi uswatun ḥasanatul" yang memiliki arti, "sungguh sangat penting bagi orang-orang yang menjadikan Rasullullah sebagai teladan hidupnya. Maka sungguh pasti memperoleh berkah di dalam hidupnya. Kata berkah itu artinya "ziyadatul khair" yaitu terus bertambah kebaikan." Kata Prof. Dr. Thohir Luth

"Sepanjang kamu berpegang teguh kepada keduanya kamu tidak akan sesat selamanya".

Di dalam Al-Qur'an Surah Al-Fath ayat 29,"Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan di antara mereka, ampunan dan pahala yang besar. Kata kafir boleh diucapkan yang dilarang adalah menghina dan mencaci."

Materi pengajian Ahad pagi hari itu ditutup dengan ajakan pemateri "Mari kita jadikan Al-Qur'an dan As-sunnah sebagai kajian kitab utama untuk mendapatkan sejumlah petunjuk, sejumlah pelajaran, dan sejumlah contoh yang ada di dalam kedua kitab itu."

Penulis : Hermin Lestari Mahasiswa DIII Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Posting Komentar untuk "Meneladani Kepemimpinan Rasulullah SAW"