Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUHAMMADIYAH MENJADI TELADAN DALAM PENANGGULANGAN COVID-19

pemudamu - Pandemi dan kondisi terkini dalam negri menjadi perhatian Muhammdiyah . Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dan seluruh komponen sejak awal turut berbuat maksimal serta mencari solusi bagaimana menghadapai pandemi saat ini yang semakin membludak.

Mulai dari tenaga kesehatan yang harus di perbanyak guna membantu mengananggani penderita covid,sosial-ekonomi,edukasi masyarakat hingga panduan keagamaan hasil ijitihat tarjih.Muhammadiyah menawarkan solusi antara lain,pemerintah dan seluruh tingkatan legislatif,dan lembaga lainya harus memiliki tanggung jawab penuh,salah satu tanggung jawab dan agenda saat ini adalah memperata persatuan nasional dan memutus rantai penularan covid 19 menuju terudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Solusi selanjutnya adalah seluruh warga bangsa harus memiliki kawajiban dan tanggung jawab penuh dalam menghadapai pandemi serta memecahkan masalah negri dengam gotong royong.Seluruh warga di tuntut menjadi contoh yang baik dengan di sertai sikap yang tegas dalam menghadapi situasi pandemi yang menyerang saat ini.Lalu,solusi selanjutnya yaitu Muhammadiyah mengajak seluruh warga menjadi memberi solusi yang sejalan dengan kepribadian dan khitan gerakan dalam perspektif islam berkemajuan.

Muhammadiyah juga punya kontribusi besar dalam penagaanan dampak pandemi covid-19 ,di antaranya melalui tim mccc,juga lewat pelayanan di 82 RS  Muhammadiyah di berbagai provinsi melalui 40 perguruan tinggi.Muhammadiyah juga mengajak ikut andil dalam sosialisasi tentang penanggulangan covid-19 kepada masyarakat.Dengan begitu ,masyarakat mendapatkan informasi mengenai penanggulangan covid-19.Selanajutnya genda rapat-rapat dan dialog-dialog dominan secara daring karena tuntutan soaial dan  physical distancing. Kegiatan bersifat tatap muka dan langsung secara fisk harus di tunda terlebih dahulu.

Dengan kata lain ,aneka opini ,aneka opinisme para pejabat yang pada awal meredam pandemi pada dalam waktu singkat berubah menjadi cerita komedi.bagaimana tidak? jika angka kematian semakin hari semakin meningkat,demikian juga pada khasus pasien covid yang terus meningkat .Segaris dengan itu kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan bukan semakin membaik ,namun malah semakin menurun,Kerumunan demi kerumunan terus diadakan dengan sengaja.claster demi claster penularan baru terus tercipta di mana-mana.

Sedangakan sekelompok masyarakat banyak yang mengabiakan semua protokol pencegahan penularan juga terus bermunculan entah karena alasan apa.Padahal sampai saat ini virus ini semakin dekat dengan kita.banyak teman ora saudara kita yang terpapar. Sementara itu ,walaupun pemerintah pusat dan daerah sudah terlihat bekerja keras menangani pandemi ini,namun kebijakan yang jelas dan konkret untuk melindungi  tenaga medis maupun menekan laju penularan belum terlihat cecara jelas dan utuh. 
Semua masih berwujud kebijakan jangka pendek dan persial. Oleh karena itu,tidak ada pilihan lagi bagi Muhammadiyah selain terus berjuang  menyalurkan bebagai upaya dan berjuang mencegah sebanyak mungkin warga negara darai paparan Covid-19,dan tentu saja sebagai ormas kemampuan dan kewenangan Muhammadiyah teramat sangat terbatas.

Penulis : Salsa Putri Andini mahasiswa DIII Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Posting Komentar untuk "MUHAMMADIYAH MENJADI TELADAN DALAM PENANGGULANGAN COVID-19"