Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tasmi Untuk Melihat Hafalan Santri

pemudamu - Diadakannya tasmi' 1/4 ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran tahfizh selama 3 bulan. Dari kegiatan tahfizh ini guru dapat melihat hasil hafalan setiap santri, kemudian hasil tersebut dijadikan sebagai dasar pengambilan sikap untuk pendidikan tahfizh selanjutnya. Tasmi' 1/4 juz mulai selasa 28 September sampai Jum'at 1 Oktober dan PTS mulai Senin 4 Oktober sampai Jum'at 8 Oktober 2021.

Karena perlu adanya persiapan dan juga proses. Maka seluruh warga madrasah terlibat dengan pembagian tugas, misalkan, bagian admin membuatkan pamflet bagian TU membuatkan surat pemberitahuan.

Sedangkan peserta tasmi' adalah seluruh siswa kelas 1-6 dan berikut rinciannya :

Kelas 1 1/4 juz 30

Kelas 2 1/4 juz 29

Kelas 3 1/4 juz 28

Kelas 4 1/4 juz 1

Kelas 5 1/4 juz 2

Kelas 6 1/4 juz 28

Adapun guru qur'an menyimak hafalan murid dengan masing-masing guru Qur'an menyimak siswa kelasnya sendiri.

Siswa mengikuti dengan bersemangat dan antusias hal ini dilihat dari intensitas murojaah (mengulang hafalan) yang meningkat. Sehingga siswa benar-benar menyiapkan tasmi' 1/4 juz ini dengan baik.

Namun, juga terdapat siswa yang kurang antusias karena merasa belum siap tasmi' 1/4 juz..

Sehingga guru berupaya memotivasi siswa untuk menyiapkan tasmi' dengan lebih giat murojaah di rumah dengan memberikan motivasi juga pada orang tua., sehingga jika orang tua ada kendala dalam pendampingan murojaah di rumah. Guru bisa memberikan saran.


Penulis : Dimas Andre Yansah Mahasiswa D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 

Posting Komentar untuk "Tasmi Untuk Melihat Hafalan Santri"