Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syukur Kepada Allah SWT, Sukses Mendidik Anak

 

pemudamu - Universitas Muhammadiyah Ponorogo rutin mengakan pengajian ahad pagi  tentang keagamaan . Ahad ini dilaksanakan pada tanggal 31 oktober 2021 jam 06:00 - 07:00 ,dihadiri oleh ustadz Drs.H.Imam.Mujahid ,.M.A dihalaman masjid Universitas Muhammadiyah Ponorogo untuk umum selain itu juga bisa dilihat secara live melalui YouTube Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Syukur kepada allah dalam arti syukur yang sebenarnya yang pertama kita syukur dengan ucapan - ucapan yang keluar dari hati dan mulut kita kalimat-kalimat toibah yang selalu mengagukan allah ini menandai rasa syukur dengan ucapan, ada alhamdulillah,subhanallah, ada syukur dengan hati yaitu mengetahui dan menghayati nikmatnya, nikmat yang kita rasakan padahal nikmat allah tidak terhitung kalau dibandingkan dengan rasa syukur kita dengan nikmat allah tidak sebanding , andaikan menghitung nikmat allah maka tidak akan selesai atau tidak bisa menghitung.

Yang sekarang diartikan dalam kehidupan sehari-hari adalah syukur dalam perbuatan semakin kita taat kepada allah itu rasanya kita semakin syukur kepada allah, semakin kita mengenal dan dekat kepada allah itulah namanya kita syukur kepada allah, semakin kita mengamalkan ajaran - ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari itu adalah syukur pada allah. Maka mari kita terus perjuangkan rasa syukur ini, Rasulullah pernah bersabdah "nikmatani makbunun kasirun minnas " ada nikmat yang sering dilupakan oleh manusia yang pertama "asyihatu " nikmat sehat walafiat ( sehat batin). Dimana ada kumpul kaum umat disebuah tempas masjid ataupun baitullah "Minbuyulillah " rumah-rumah allah yang dilakukan "fihayatata Rosullah nalqur'an na wayatangallamah" mengkaji al-Qur'an menderes al-qur'an "wayatangallamah "mengamalkannya mengajar-ngajarkan kepada orang lain, kata rasullah "ilanazallat ngalaihi musaqinah "maka orang yang hadir dimadjelis taklim

1. Nazaallat ngallaihi musaqinah: akan diturunkan sebuah ketenangan , ada pendidikan usaha sadar

2.waqhosatun warohmah: diturunkan rahmat kasih sayang allah

3.waqhomat umul malaikah: dijaga oleh malaikat watakaro hufiman ngindah kita hari ini disanjang-sanjang oleh allah dihadapan malaikat.

Sukses mendidik anak

Mendidik atau pendidikan adalah usaha sadar dalam terrencana memelihara dan memberi latihan ( ajaran,tuntunan,pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan.

Ajari anak untuk menghargai proses mencapai sukses Di tengah lingkungan yang terus bergerak dengan cepat, anak sering kali terbebani dan berfokus pada hasil yang baik dalam keberhasilan, terutama di sekolah. Akibatnya, mereka merasa frustasi ketika hasilnya tak sesuai dengan apa yang diharapkan dan diinginkan .Padahal keberhasilan tersebut juga membutuhkan usaha yang bertahap dan berkelanjutan dalam proses mencapai kesuksesan. Sadar dalam arti tanggungjawab kepada anak, mengucapkan lafal-lafal doa kepada anak, terencana dalam arti setiap orang pasti mempunyai fisi.

Penulis : Nofika Sari  DIII Keperawatan FIK Universitas Muhammadiyah Ponorogo [pemudamu.com]


Posting Komentar untuk "Syukur Kepada Allah SWT, Sukses Mendidik Anak "