Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sehat Selama Acara Musywil 16 di Ponorogo, Timkes Musywil 16

tips sehat selama musywil 16
Ilustrasi

Oleh: dr. Taufik Nur Sidik (Tim Kesehatan Musywil-16 Ponorogo)

Setelah warga Muhammadiyah seluruh Indonesia mensukseskan acara Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Solo Jawa Tengah. Tak lama lagi khususnya warga Muhammadiyah Jawa Timur akan melaksanakan Musyawarah Wilayah ke-16. Kali ini ini tempatnya di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 

Musywil ke-16 ini insya Allah akan dilaksanakan tanggal 30 Jumadil Awal – 1 Jumadil Akhir 1444 H atau bertepatan dengan 24-25 Desember 2022 M. Baik peserta atau penggembira akan memeriahkan dan mensukseskan acara ini. Warga Muhammadiyah yang datang ke Ponorogo berasal dari berbagai kota/kabupaten di Jawa Timur. Bahkan banyak warga Muhammadiyah seluruh penjuru Indonesia sangat antusias ingin datang ke Ponorogo untuk mensukseskan acara Musywil ke-16 ini.

Agar peserta dan penggembira dapat mengikuti acara Musywil ini dengan keadaan sehat. Yuk kita simak tipsnya!

1. Minum air putih

Pada orang dewasa, 50-60% berat badannya merupakan cairan. Setiap hari dianjurkan untuk meminum air putih 2 liter. Semakin seseorang banyak mengeluarkan keringat maka seseorang tersebut harus minum air putih lebih banyak. Salah satu indikator kecukupan cairan pada tubuh seseorang yaitu air seni berwarna putih.

2. Makan makanan yang bergizi dan sesuai jadwal

Tak dapat dipungkiri, jika orang tidak makan maka akan lemas, tidak bisa beraktifitas. Acara Musywil ini besar, membutuhkan kesehatan diri supaya bisa mengikuti acaranya. Maka dari itu, kepada peserta dan penggembira dianjurkan untuk makan makanan yang bergizi sesuai waktunya, kalau pagi sarapan, siang makan siang dan malam makan malam. Jika sembarang makan, misalkan terlalu berlebih makan pedas maka akan menyebabkan sakit perut atau diare. Kalau sudah sakit, peserta atau penggembira tidak bisa mengikuti rangkaian acara Musywil.

3. Istirahat yang cukup

Musywil ini akan dilaksanakan selama 2 hari, dari pagi sampai malam. Tentu banyak menguras tenaga, baik fisik ataupun pikiran. Istirahat menjadi kunci untuk menjaga daya tahan tubuh. Bila ada waktu istirahat maka gunakanlah sebaik mungkin untuk istirahat.

4. Mengkonsumsi multivitamin

Di ponorogo, terkadang cuaca berubah-ubah, pagi sampai siang panas terik matahari, sore hujan. Maka dari itu dihimbau kepada peserta dan penggembira untuk mengkonsumsi multivitamin sesuai anjuran untuk menjaga tubuh agar fit.

5. Membawa obat pribadi

Kepada peserta atau penggembira yang mempunyai penyakit seperti kencing manis atau darah tinggi, disarankan untuk membawa obat-obat pribadinya. Jangan lupa juga ya untuk mengkonsumsi obat sesuai jamnya.

Sekian tips kesehatan dari kami. Bila peserta atau penggembira ada keluhan kesehatan bisa menghubungi tim kesehatan Musywil-16 Ponorogo. 

Musywil-16 Muhammadiyah Jawa Timur, “Membumikan Islam Berkemajuan. Memajukan Jawa Timur”. SUKSES!

Dr Taufik Nur Sidik
dari RSU Aisyiyah Ponorogo


Posting Komentar untuk "Tips Sehat Selama Acara Musywil 16 di Ponorogo, Timkes Musywil 16"