Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manusia Tidak Memperoleh Selain Apa Yang Diusahakannya, An-Najm 39

Manusia Tidak Memperoleh Selain Apa Yang Diusahakannya
Ilustrasi

Di dalam Al-Quran Surat An-Najm ayat 39 tertulis bahwa seorang manusia tidak memeproleh selain apa yang diusahakannya. Bagaimana tafsir dari ayat ini ? Apakah ini da hubungannya dengan harta dunia atau rezeki, atau ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan harta ? Marilah ayat ini kita baca berdasarkan beberapa buku tafsir.

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ

" Dan sesungguhnya seorang manusia tidak memperoleh apapun selain apa yang diusahakannya ", QS. An-Najm:39

Menurut Tafsir Al-Muyassar diterangkan terkait ayat tersebut, maksudnya adalah bahwa seseorang tidak dihukum karena dosa orang lain, dan dosa seseorang tidak dipikul oleh orang lain. Seseorang tidak mendapatkan pahala kecuali apa yang diusahakannya untuk dirinya sesuai kesanggupannya. 

Jadi menurut Tafsir yang berasal dari Kementerian Agama Saudi Arabiya ini menjelaskan bahwa ayat tersebut ada kaitannya dengan pahala dan dosa, yang sangat tergantung dengan apa yang dilakukan oleh seseorang tanpa terpengaruh oleh apa yang dilakukan oleh orang lain.

Senada dengan Tafsir diatas, berdasarkan Tafsir Al-Mukhtashar, ayat ini menerangkan bahwa seseorang tidak mendapat pahala kecuali pahala amalnya yang telah ia kerjakan.

Demikian juga berdasar pada Tafsir Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir, maksud ayat ini adalah tidak ada yang seorang dapatkan melainkan pahala dan balasan dari amal perbuatannya sendiri, dan dia tidak berhak mendapat balasan amal yang tidak dia lakukan.

Hampir semua Buku Tafsir memiliki tafsiran yang sama terkait ayat tersebut, termasuk diantaranya Tafsir Al-Wajiz dan Ash-Shaghir. [ dari berbagai sumber | * ]

Posting Komentar untuk "Manusia Tidak Memperoleh Selain Apa Yang Diusahakannya, An-Najm 39"