Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membaca Surat Yasin Malam Jumat akan Diampuni Dosanya

Membaca Surat Yasin Malam Jumat akan Diampuni Dosanya
Membaca Quran, Ilustrasi

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi menerangkan bahwa membaca Al-Quran Surat Yasin di malam jumat maka akan diampuni dosa-dosanya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ حم الدُّخَانَ وَيس أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ.

"Dari Abu Hurairah (diriwayatkan) Rasulullah saw bersabda, barangsiapa di malam Jumat membaca ad-Dukhan dan Yasin, maka ia diampuni di pagi harinya ". [H.R. al-Baihaqi No. 2248 dalam kitab Syu’ab al-Iman].

Apakah hadits diatas bisa dijadikan hujjah untuk memperbanyak membaca Surat Yasin pada malam Jumat ?. Untuk menjawab pertanyaan ini tentu saja kita harus mengetahui terlebih dahulu kedudukan Hadits tersebut.

Berdasarkan Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, telah meneliti bahwa Hadis tersebut tergolong sebagai hadits yang lemah ( dhaif ) dan bahkan termasuk hadits yang bermasalah.

Hal ini dikarenakan di dalam rangkaian sanad-nya terdapat seorang perawi yang benama Hisyam bin Ziyad  dari generasi tabiut-tabiin

Menurut Ibnu Hajar al-Atsqalani, dia itu adalah perawi yang matruk, yaitu perawi yang tersangat dhaif dan tidak bisa diambil hasilnya. Kedhaifan Hisyam telah banyak dinyatakan oleh banyak Ulama. 

Sedangkan menurut az-Zahabi Hisyam bin Ziyad itu lemah. Dari rangkaian para perawi di atas, Hisyam bin Ziyad adalah sosok yang bermasalah  di kalangan ulama hadits.

Maka, berdasarkan pada kedudukan hadits diatas, kita tidak bisa menjadikannya sebagai hujjah untuk amalan membaca Surat Yasin dan mengkhususkannya di malam Jumat dengan niat agar dosa kita diampuni. Membaca Surat Yasin bisa dibaca kapanpun, demikian juga dengan Surat-surat lain di dalam Al-Quran. [suara muhammadiyah | *].

Posting Komentar untuk "Membaca Surat Yasin Malam Jumat akan Diampuni Dosanya"