Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kolaborasi 9 Sekolah Muhammadiyah Jenangan Sambut Musyda 11 PDM Ponorogo

latihan tari musyda 11 pdm ponorogo
Suasana Latihan Peserta Tari Drama Sejarah Muhammadiyah, Halaman Expotorium UMPO (foto:nova)

pemudamu.net - Ada yang spesial pada pembukaan Musyawarah Daerah ( Musyda ) ke 11 Muhammadiyah Ponorogo di expotorium Unmuh Ponorogo 25/2 nanti, salah satunya adalah sajian Tari Drama bertema Sejarah Muhammadiyah Ponorogo. Drama ini akan menyajikan secara artistik bagaimana Muhammadiyah Ponorogo didirikan.

Sebagaimana disampaikan oleh sang koordinator, Nova Robithotul Khoir, Drama ini adalah hasil kolaborasi dari 9 sekolah Muhammadiyah di wilayah Jenangan.

" Peserta adalah perwakilan dari sekolah Muhammadiyah se-Jenangan, ada 9 sekolah yaitu SMK Muhammadiyah Jenangan, MAM 2 Yanggong, MTsM 3 Yanggong, MTsM 2 Jenangan, MIM 10 Yanggong, MIM 5 Wonoasri, MIM 6 Nglegok, MIM 2 Plalangan dan MIM 1 Simo ", jelas beliau.

Bagaimana bisa siswa Madrasah Aliyah berkolaborasi dalam satu panggung dengan siswa Madrasah Ibtidaiyah ? Tentu saja ini membutuhkan proses pelatihan yang tidak sebentar. Dan bisa dipastikan akan menghasilkan penampilan yang unik dan sekaligus menarik. 

Hingga berita ini diluncurkan, Nova menjelaskan semua peserta yang terdiri dari 18 siswa melakukan latihan 3 kali dalam setiap pekan dengan melibatkan pelatih dari UNMUH ponorogo yang pada Musywil 16 tahun lalu juga mengerjakan tampilan.

" Latihan kamis, jumat, sabtu, 3 kali sepekan di halaman barat expotorium pukul 15:00 - 17:00. Peserta tari ada 18, 2 anak tiap sekolah ". Jelasnya.

Ide menampilkan seni Drama Tari dengan tema Sejarah Muhammadiyah ponorogo ini adalah hasil dari rapat Panitia Divisi Acara pada jumat  20/1/2023 di ruang pertemuan SD Muhammadiyah Ponorogo ( Muhipo ). Pada rapat tersebut Pimpinan Daerah Muhammadiyah ( PDM ) Ponorogo menginginkan ada tampilan yang berbeda dengan pembukaan Musywil 16 Muhammadiyah Jatim yang di adakan di Alon-alon Ponorogo 24 desember tahun kemarin.

" Maka saat rapat di acara saling mengusulkan kegiatan. dan akhirnya di putuskan seni drama tari ", Jelas nova.

Lebih lanjut, Koordinator Seni Drama Tari Sejarah Muhammadiyah ponorogo ini menyampaikan progres latihan yang sudah dilakukan sudah mencapai 40 %.

" Untuk latihan tanpa iringan musik sudah 40%. InsyaAllah akan fix di pekan ini pakai alat musik gamelan. Dan untuk pekan depan akan dicoba gladi di Expotorium. InsyaAllah drama tari ini akan ditampilkan saat pembukaan Musyda PDM dan PDA Ponorogo pada tanggal 25 Februari mendatang ", pungkasnya.

Sebagaimana telah diketahui, PDM Ponorogo akan menggelar kegiatan 5 tahunan yakni Musyda ke 11 di Expotorium UNMUH Ponorogo 25-26 Februari 2023 untuk menentukan pimpinan baru periode 2022-2027 bersamaan dengan Musyda Aisyiyah Ponorogo yang berlokasi di Lantai atas Gedung Rektorat UNMUH Ponorogo. Kegiatan ini akan melibatkan setidaknya 3000 warga Muhammadiyah dari seluruh Kabupaten Ponorogo. [red]

Posting Komentar untuk "Kolaborasi 9 Sekolah Muhammadiyah Jenangan Sambut Musyda 11 PDM Ponorogo"