Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemuda Muhammadiyah Mengakomodir Seluruh AMM

Pemuda Muhammadiyah Mengakomodir Seluruh AMM
Ilustrasi

Spirit Muhammadiyah senantiasa mengilhami setiap organisasi otonom di lingkungan Muhammadiyah. Demikian pula halnya dengan Pemuda Muhammadiyah, yang lahir dengan semangat yang sama dengan berdirinya Muhammadiyah, yaitu semangat untuk membangun generasi yang  tangguh untuk masa mendatang. 

Sebagai salah satu organisasi otonom tertua di lingkungan  Muhammadiyah (yang berdiri 2 Mei 1932),Pemuda Muhammadiyah hadir sebagai pelopor, pelangsung, dan penyempurna perjuangan Muhammadiyah.

Dengan Visi dan Misi: Mempersiapkan kader dan generasi muda  Indonesia untuk siap menghadapi tantangan masa depan yang lebih beragam, penuh dinamika dan  berbagai kepentingan datam rangka mencapai maksud dan tujuan Pemuda Muhammadiyah. Menjadikan gerakan dakwah amar ma’ruf nahi  mungkar, gerakan keilmuan, gerakan sosial kemasyarakatan dan gerakan kewirausahaan sebagai tumpuan kegiatan dengan memahami  setiap persoalan yang timbul dan kebutuhan lingkungan dimana Pemuda Muhammadiyah melakukan amal karya nyatanya.

Pemuda Muhammadiyah adalah organisasi otonom di lingkungan Muhammadiyah yang merupakan gerakan dakwah Islam amar ma’ruf nahi mungkar di kalangan pemuda, beraqidah Islam, dan bersumber pada al-Quran dan Sunnah Rasul. Organisasi ini didirikan dengan maksud dan tujuan untuk menghimpun, membina, dan menggerakkan potensi Pemuda Islam serta meningkatkan perannya sebagai  kader untuk mencapai tujuan Muhammadiyah.

Pencapaian maksud dan tujuan tersebut dilakukan dengan upaya-upaya sebagai berikut:

1.    Meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah  Subhanahu Wa ta’ala.
2.    Memperdalam ilmu, memperluas pengetahuan dan meningkatan kecerdasan  serta mengamatkan sesuai dengan ajaran Islam.
3.    Memperdalam dan meningkatkan pemahaman  Agama Islam.
4.    Menyelenggarakan dan meningkatkan mutu pendidikan kader.
5.    Mengadakan dakwah di kalangan pemuda dan remaja.
6.    Meningkatkan fungsi dan peran pemuda Muhammadiyah sebagai kader Muhammadiyah, kader umat Islam, dan kader bangsa.
7.    Memasyarakatkan dan meningkatkan kegiatan olahraga sebagai sarana dakwah Islamiyah.
8.    Menumbuhkan dan mengembangkan seni budaya yang bernafaskan Islam.
9.    Menggembirakan beramal yang diridhai Allah dan hidup tolong-menolong (ta’awun) dalam ukhuwah Islamiyah.
10.    Usaha-usaha lain yang tidak menyalahi tujuan

Dalam Musyda ke XVII ( di gelar 25 mei 2024,red. ) ini dibutuhkan sosok pimpinan yang mampu mengantarkan pemuda kepada visi misi gerakan pemuda Muhammadiyah dan tujuan Muhammadiyah tidak terpaku hanya pada politik saja, banyak sektor yang belum tersentuh program kerja pemuda periode lalu.

Agenda 4 tahunan ini mulai ramai diperbincangkan dan mulai muncul beberapa calon yang mengarah kepada sosok pemimpin yang diharapkan, termasuk polling nama bakal calon sudah mulai bermunculan. Harapan kami siapapun yg akan menahkodai Pemuda Muhammadiyah Ponorogo akan  sanggup mengakomodir seluruh AMM ( Angkatan Muda Muhammadiyah, red. )tanpa mengkotak-kotakkan dan mendominasi ortom dalam kepemimpian Pemuda.[wkn]

Posting Komentar untuk "Pemuda Muhammadiyah Mengakomodir Seluruh AMM"