Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembinaan Guru Di PCM Jenangan Timur: Menciptakan Sekolah yang Ungguldan Berkah

Kajian Ramadhan yang diselenggarakan rutin oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Jenangan Timur kali ini mengundang seluruh guru di sekolah se Jenangan Timur.

Hal ini ditujukan agar pendidikan khususnya di sekolah-sekolah yang ada di cabang Jenangan Timur ini semakin maju dan berkembang dengan baik sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan saat ini. Karena langkah pendidikan ke depan tantangannya akan semakin besar, maka semua guru harus punya bekal yang cukup untuk menghadapinya. Kata H. Suroto, M.Pd. ketua Majelis Dikdasmen PCM Jenangan Timur.

Untuk itu pada kajian ini dihadirkan narasumber dari Majelis Dikdasmen PDM Ponorogo, yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Drs. H. Imam Mujahid, MA. Seorang praktisi pendidikan yang punya banyak prestasi dan pengalaman dibidangnya.

Dalam materinya disampaikan bahwa majunya pendidikan di Muhammadiyah adalah majunya pendidikan di Indonesia. Muhammadiyah harus bisa menciptakan sekolah-sekolah yang unggul dan berkah. Sekolah unggul adalah sekolah yang menonjol prestasinya, baik prestasi akademik maupun non akademik. Sedangkan sekolah berkah adalah sekolah yang selalu bertambah kebaikannya dan memberi kebaikan kepada orang lain.

Ada beberapa karakter sekolah unggul di Muhammadiyah, diantaranya; semua kegiatan adalah sebagai misi dakwah, mempertanggungjawabkan pendidikan sebagai amanah umat, bekerja sebagai sebuah pengabdian yang tulus bukan semata-mata menjadikan tempat mencari nafkah, pengelolaannya bersifat akuntabel dan transparan, serta didalamnya ada kehidupan Islami dan keteladanan bagi masyarakat.
Sementara itu untuk mencapai sekolah unggul harus ada kepemimpinan yang profesional, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan memahami seluruh hak dan kewajiban murid maupun guru.



Pada akhir materinya disampaikan bahwa saat ini PCM Jenangan Timur yang mempunyai beberapa sekolah dengan kualitas yang sudah baik, harus bisa terus berkembang lebih baik lagi. Apabila sekolah-sekolah di Jenangan Timur ini mempunyai kualitas dan output yang unggul makan tingkat kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi dan sumbangsih untuk kemajuan bangsa Indonesia akan semakin besar. (Agm/red).

Posting Komentar untuk "Pembinaan Guru Di PCM Jenangan Timur: Menciptakan Sekolah yang Ungguldan Berkah"