Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemimpin Itu Penggoda


Bak seorang penggoda, pemimpin harus memiliki kepiawaian dalam mempengaruhi orang lain agar sejalan dengan apa yang dia inginkan. Memimpin adalah sebuah usaha untuk mempengaruhi sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan.

Bahasan ini disampaikan oleh ketua cabang IPM Jenangan Timur, Ibud Awaludin, pada sesi Materi di acara Taruna Melati kemarin siang ( sabtu, 10 juni 2017 ) di aula MTsM 2 Jenangan. "Kepemimpinan itu adalah suatu proses memberi contoh kepada anggota dan pengikutnya untuk mencapai tujuan organisasi yang dipimpinnya", demikian beliau sampaikan dengan maksud bahwa pemimpin itu tidak hanya sekedar menyuruh namun memulai, yang kemudian diikuti oleh anggotanya.

Jika hanya menyuruh saja tanpa memberikan tauladan, ini bukanlah type pemimpin yang bagus dan model kepemimpinan seperti ini tidak akan menghasilkan kader anggota yang memiliki loyalitas tinggi terhadap kepemimpinannya. Jadi, jika seorang pemimpin menginginkan sebuah acara harus dimulai tepat waktu maka dia harus datang paling awal. Demikian juga jika pemimpin menginginkan semua anggotanya cerdas, maka pemimpin itu juga harus paling cerdas daripada seluruh anggotanya.

Menyindir tentang kepemimpinan di dalam sebuah organisasi, Pak Ibud juga menyampaikan bahwa pemimpin itu harus tahu betul tentang organisasi yang dipimpinnya. Tahu dengan detail tujuan-tujuan didirikannya organisasi tersebut, sekaligus tahu dengan baik tentang seluk beluk seluruh anggotanya.

Jika sebuah organisasi dipimpin oleh seorang pemimpin yang "penggoda" yang memiliki sifat-sifat ideal tersebut diatas maka tinggal menunggu waktu kapan majunya organisasi tersebut.

Taruna Melati ini diadakan oleh pimpinan cabang IPM Jenangan Timur di MTsM 2 Jenangan mulai 14 ramadhan kemarin dan akan berakhir hingga 16 ramadhan.

Posting Komentar untuk "Pemimpin Itu Penggoda"