Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

pemudamu.com goes to school, hadir di Pulung

pemudamu.com goes to school hadir di Pulung
pemudamu.com - Madrasah Aliyah Muhammadiyah 5 Pulung menjadi tempat roadshow tim Kominfo PDPM Ponorogo selanjutnya dalam agenda pemudamu.com goes to school yg sebelumnya telah  sukses mengadakan kegiatan serupa di MIM 10 Ponorogo awal Ramadhan kemarin. Kegiatan ini berlangsung tadi malam ( 26/5 ) ba'da sholat taraweh di sela-sela Pondok Ramadhan yang diikuti oleh siswa-siswa dari beberapa sekolah Muhammadiyah di kecamatan Pulung.

Berbeda dengan yg sebelumnya, peserta kali ini lebih beragam karena melibatkan para pelajar Muhammadiyah se-pulung meliputi siswa SMP Muhammadiyah pulung, MTs Muhammadiyah pulung, dan MA Muhammadiyah pulung, untuk itu materi dan penyampaiannya pun sedikit berbeda.

Adapun materi yg disampaikan malam hari ini adalah pengenalan seputar teknik menulis berita dengan baik. Taufik Sidqi huda menjadi pemateri utama tentang jurnalistik.

" Dasar penulisan berita pada ilmu jurnalistik itu adalah 5W1H, What, where, when, Why, Who, How " Jelas Taufik di awal penyampaian materi.

Selain penyampaian materi, pada kegiatan tersebut siswa diajak langsung prakter menulis berita dengan obyek kegiatan yang saat itu berlangsung. Kontan, karena kelihaian seorang Taufik sidqi huda "menyentil" semangat siswa, maka ratusan siswa di ruangan lantai bawah Masjid At-Tauhid di lingkungan Madrasah Aliyah Muhammadiyah 5 Pulung itu selama hampir 30 menit terbuai oleh suasana menulis yang menyenangkan. Selanjutnya hasil tulisan mereka di saring oleh panitia dari tim Kominfo PDPM Ponorogo untuk di pilih 3 yang terbaik.

Meskipun pada awalnya kebanyakan mereka menganggap bahwa menulis itu sangat sulit tapi setelah dijelaskan konsep menulis dengan baik, akhirnya mereka bisa memproduksi tulisan berita dengan baik.

Jauhar arif, anggota bidang Kominfo PDPM Ponorogo berharap bahwa peserta nantinya akan terbiasa menulis informasi kredible yang mengandung unsur 5W1H untuk disebarkan ke publik.

" Harapannya setelah materi ini berakhir para pelajar ini bisa mengaplikasikannya dengan baik ", jelas Jauhar arif yang juga aktif di KPU Ponorogo.

Selama acara berlangsung peserta sangat antusias mengikuti acara ini dari awal sampai akhir. Hal ini juga di sebabkan oleh kepiawaian Ibud awaludin anggota bidang kominfo PDPM Ponorogo memancing munculnya kembali semangat sebagian peserta yang mulai sedikit kendor saat praktek menulis.

pemudamu.com goes to school adalah bukti nyata kepedulian bidang Kominfo PDPM Ponorogo yang diketuai oleh Abu hanifah S.Sos terhadap budaya menulis di kalangan pelajar dan remaja yang terbukti masih minim. Kebiasaan mereka menulis status di medsos adalah salah satu potensi besar yang mereka sendiri kurang sadari. Potensi ini bisa dikembangkan dengan sentuhan ilmu jurnalistik agar hasil tulisan mereka lebih berbobot, bahkan nantinya bisa memiliki nilai jual yang tinggi.[arif|pemudamu.com]

Posting Komentar untuk "pemudamu.com goes to school, hadir di Pulung"