Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BPBD Bersihkan Mata Air Tertimbun Longsor

Banaran Pulung kamis kemarin ( 19 april 2017 ) personil BPBD dan relawan meluncur untuk membuka kembali mata air yang tertimbun longsor dan membersihkan material longsor akibat banjir yang terjadi sebelumnya. Kegiatan ini di bantu oleh tim dari aparat TNI bersama dengan relawan. Perlu diketahui bahwa kondisi di titik lokasi longsor di dusun Tangkil Desa Banaran Kecamatan Pulung sekarang masih labil, sangat beresiko terjadi pergerakan tumpukan tanah longsor dari atas ke bagian yang lebih rendah.

Sementara itu, korban akibat bencana ini telah mendapatkan bantuan berupa logistik dan uang tunai dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta termasuk pembangunan rumah tinggal sementara dan kebutuhan sehari-hari.

Korban bencana yang masih anak-anak juga mendapatkan pendidikan gratis peralatan sekolah lengkap dan pendampingan pemulihan psikologi atau trauma healing.

Beberapa titik di kanan kiri area longsor dikabarkan ada pergerakan tanah yang sempat menimbun sebagian rumah warga namun kerugian tidak terlalu parah. Ini menunjukkan bahwa daerah ini memang sangat rawan terhadap bencana tanah longsor, semua pihak diharapkan waspada dan hati-hati.



Sampai saat ini relawan dari Muhammadiyah masih ada di desa Banaran untuk kepentingan proses rehabilitasi korban dan standby jika sewaktu-waktu BPBD sebagai tim yang paling berwenang mengambil kebijakan membutuhkan bantuan untuk action terkait bencana ini.

Posting Komentar untuk "BPBD Bersihkan Mata Air Tertimbun Longsor"