Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sosok Tangguh Dibalik Penanganan Bencana Banaran

Belum genab satu tahun menjabat ketua Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ponorogo, Ahmad Fauzi huda mendapat tanggung jawab yang luar biasa berat yaitu mengkoordinir penanganan Bencana alam tanah longsor di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo dibawah payung Muhammadiyah. Amanah ini menggerakkan semangat pengabdian beliau terhadap masyarakat.

[caption id="attachment_833" align="aligncenter" width="480"] Ahmad Fauzi Huda ( Berkopyah ), Komandan MDMC Ponorogo[/caption]

Tanggab darurat bencana harus dikomandani oleh personal yang memiliki segudang pengalaman berorganisasi, pengalaman membangun jaringan dan pengalaman dalam kegiatan penanganan bencana. Fauzi begitu panggilan akrabnya, melalui payung MDMC dengan sigab bergerak mengerahkan seluruh pasukannya membantu penanganan bencana alam tanah longsor di desa Banaran.
Melalui sentuhan halus dan keakraban, semua relawan bisa digerakkan dengan penuh semangat dan keikhlasan. Karena mendapatkan sosok pemimpin yang sangat merakyat dan supel, relawanpun begitu nyaman dalam menjalani aktivitas kemanusiaan yang tidak ada gajinya ini.

Sejak pelajar Fauzi memang aktif berorganisasi bahkan sampai sekarang masih aktif. Ketika dimasa pelajar, beliau aktif di Kepanduan Hisbul Wathon (HW), ketika di bangku kuliah masih aktif di kepanduan HW dan organisasi pecinta alam.
Beberapa jabatan yang sampai sekarang masih beliau emban adalah :
1. Wakil ketua bidang hukum Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Ponorogo.
2. Wakil ketua Pimpinan Wilayah Hisbul Wathon Jawa Timur.
3. Wakil ketua Pimpinan Daerah Hisbul Wathon Ponorogo.
4. Komisioner KPU Kab Ponorogo.
5. Ketua LPB PDM Ponorogo.
6. Wakil ketua Kelompok Tani Sumber Mukti Desa Jimbe, kec Jenangan Ponorogo.

[caption id="attachment_838" align="aligncenter" width="480"] Senyum sang Komandan[/caption]

Dengan kesibukan yang luar biasa, sosok Fauzi mampu memanage penanganan bencana dengan sangat bagus dan efisien sehingga sistem organisasi bisa berjalan dengan lancar. Kemampuan penanganan bencana beliau dapatkan berkat jam terbang aktifitas penanganan kebencanaan yang beliau ikuti diantaranya adalah bencana tsunami Aceh, gunung merapi meletus, gunung kelut Kediri, banjir Bojonegoro, dan lain-lain. Beliau ikut terjun langsung dalam evakuasi maupun proses rehabilitasi.

Dengan segudang pengalaman kebencanaan tersebutlah sosok Fauzi mampu mengorganisir LPB/MDMC Ponorogo dengan sigab di bencana longsor Banaran. Sosok Fauzi tidak ada lelahnya terus bergerak mengkondisikan para relawan demi suksesnya penanganan bencana Banaran. Sosial yang bijaksana, mengayomi dan humoris, begitulah kawan- kawan relawan menyebutnya. Selamat berjuang Pak Fauzi salam tangguh.

3 komentar untuk "Sosok Tangguh Dibalik Penanganan Bencana Banaran"