Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanah Retak Di Dayakan Badegan


Ponorogo masih diliputi dengan resiko-resiko bencana alam di daerah-daerah yang ada di pegunungan sebagaimana yang terjadi di Desa Dayakan Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Pada rabu kemarin ( 5 april 2017 )sekitar pukul 16.00 WIB di RW 5 yang meliputi 4 RT warga panik karena mendengarkan suara gemuruh yan ternyata adalah tanah yang retak. Hingga saat ini keretakan tanah mencapai lebar 1 meter di titik tertentu yang awalnya hanya 30 CM dengan kedalaman 3 meter, keratakan ada di lokasi denan ketinggian kira-kira 300 meter.

Akibat kejadian ini sebanyak 78 KK yang terdiri dari 269 jiwa diungsikan ke tempat yang lebih aman di 4 titik lokasi. Upaya yang sudah dilakukan oleh BPBD kabupaten Ponorogo adalah :

  1. Mendata dan menginventarisasi untuk penanganan lebih lanjut.

  2. Membuat himbauan secara resmi melalui Camat Badegan yang ditanda tangani Kalaksa BPBD agar warga tetap waspada dan mengungsi ke tempat yang lebih aman dengan koordinator Kepala Desa Dayakan.

  3. Menyiapkan tenda pengungsi dan kebutuhan logistik yang diperlukan.

Kejadian-kejadian yang bisa saja mengindikasikan sebagai pemicu bencana tanah longsor di seputaran daerah Ponorogo harus menjadikan kita waspada dan hati-hati. Segala kemungkinan bisa saja terjadi, bahkan bisa saja diluar dugaan, semoga Allah menjaga kita semua seluruh penduduk baik yang ada di area perbukitan maupun dimanapun berada.

Posting Komentar untuk "Tanah Retak Di Dayakan Badegan"