Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alip Sugianto, Wejang IMM Dengan Kajian Literasi

Komisariat Al Qolam dan Prof.Dr.HAMKA mengelar Darul Arqom Dasar IMM di Gedung Dakwah Muhammadiyah PRM Bakayen Plalangan Jenangan Barat. Darul Arqom, ini dilaksanakan selama 2 Hari sejak hari Jumat sampai Ahad 24-26 November 2017 yang diikuti oleh 50 mahasiswa. 

Untuk membekali kader terkait ranah gerak IMM yang meliputi Aspek Religiusitas, Intelektualitas dan Humanitas, maka dalam acara tersebut didesain berdasarkan SPI (Sistim Pengkaderan Ikatan) yang meliputi 3 ranah geraknya.

Salah satu materi yang disajikan adalah literasi. Panitia, pada kesempatan ini sengaja menghadirkan salah satu pakar Literasi dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo, bapak Alip Sugianto. 

Dalam materinya, beliau mengatakan,
" Orang yang dikatakan literate sekarang ini bukanlah orang yang tidak bisa baca tulis, tetapi seberapa banyak buku di baca dan produktifitas dalam berkarya, karena dewasa ini banyak orang yang sudah bisa membaca tetapi tidak gemar membaca apalagi menulis."
Lebih lanjut Alip, sapaan akrabnya produktifitas dalam berkarya (baca:menulis) berbanding lurus dengan sebera banyak buku yang telah di baca. Maka, ranah gerak inilah salah satu yang harus dikuasai kader dalam membangun intelektualitas.

Dalam kesempatan ini Alip juga menyampaikan terkait strategi menulis, teknik membaca, dan internalisasi yang bisa dilakukan mahasiswa dalam bidang intelektualitas salah satunya Program Penelitian Mahasiswa oleh kemenristekdikti melalui PKM ( Program Kreatifitas Mahasiswa, red. ).

Posting Komentar untuk "Alip Sugianto, Wejang IMM Dengan Kajian Literasi"