Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merenungi Kehidupan Di Dunia

Merenungi Kehidupan Di Dunia
Pada hakikatnya kehidupan di dunia adalah kehidupan sementara, dimana pada umumnya tidak lain hanyalah main-main dan senda gurau belaka. Sementara kehidupan yang sebenarnya adalah di kampung akhirat yang terdapat surga di dalamnya, yang tentunya lebih baik daripada kesenangan kehidupan dunia yang hanya semu belaka.

Sebagaimana telah difirmankan oleh Alloh SWT. "Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui." (Q.S. Al-'Ankabut 29 : 64).

Dunia adalah permainan sementara yang melalaikan. Kehidupan di dunia bagi sebagian besar orang tampak begitu indah dan menyenangkan, tapi bagi sebagian yang lain kehidupan di dunia ini begitu menyesakkan dan penuh penderitaan. Namun, yang jelas bahwa apapun yang dirasakan oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini sifatnya hanyalah sementara. Kehidupan di dunia ini hanya berlaku sekali saja, sehingga setiap manusia harus memiliki tujuan yang jelas dan tepat tentang kehidupan di dunia. Dengan mengambil sikap yang tepat, maka manusia tidak akan merugi ketika sampai pada kehidupan akhirat yang kekal.

Dari ayat Al-Qur'an di atas terkandung pesan bahwa ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala menegaskan bahwa sebenarnya kehidupan di dunia hanyalah sementara dan memperingatkan manusia untuk mempersiapkan diri untuk kehidupan yang sebenarnya di akhirat kelak.

Oleh: Ustadz Abu Hanifah

Posting Komentar untuk "Merenungi Kehidupan Di Dunia"