Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Pepaya California, Menggiurkan Petani


Budidaya pepaya california sangat menggiurkan petani professional saat ini. Butuh ilmu yang cukup memang untuk mendapatkan hasil maksimal, namun dengan keuletan semua jerih payah akan terjawab dengan singkat dan jelas di masa panen. Jawaban tersebut adalah " Uang "


Ketua Kominfo PDPM Ponorogo, Abu Hanifah, bersama dengan komandan Bidang Kewirausahaan dan Pertanian PDPM Ponorogo Saudara Adip kusnul rois, telah menyempatkan diri cek TKP terkait bisnis pertanian yang mempesona ini ( Ahad, 16 oktober 2016 ). TKP ada di lahan pertanian pepaya california milik saudara Yusril di daerah Pulung Ponorogo. Sekitar 300-an pohon pepaya yang sangat rindang, hijau segar, yang telah mulai berbuah memenuhi lahan kurang lebih 1 hektar tersebut. Dengan teknik pemotongan pupus sejak usia dini, pohon pepaya ini tidak begitu tinggi namun rindang. Pohon yang pendek ini tentu saja memudahkan petani saat memetiknya nanti dan dengan teknik ini hasil bisa lebih maksimal.

Saudara Adip sendiri telah merasakan hasil dari pertanian pepaya california ini di perkebunan pepaya di desa jimbe Jenangan Ponorogo. " Saya bisa panen bahkan setiap 2 hari sekali terus menerus... " Kisah saudara Adip dengan percaya diri. Kini Bidang Kewirausahaan dan Pertanian PDPM Ponorogo yang beliau komandani juga gencar mengembangkan bisnis terkait pepaya california ini.
 

"Kami dari tim kominfo akan mengekspos geliat pergerakan pertanian dan jenis wirausaha yang lain dari warga Muhammadiyah di daerah Ponorogo semampu kami agar bisa memberikan informasi terkait, untuk kepentingan publik", demikian disampaikan Abu Hanifah sebagai komandan kominfo PDPM Ponorogo.
Pepaya california sudah mulai berbuah pada usia 3 bulan dan setelah 4 bulan petani bisa mulai panen. Ada kurang lebih 2 buah pepaya perpohon yang bisa dipanen, sisa buah yang lain akan mulai siap dipanen setelah kira-kira 2 hari. Jadi kira-kira 3 hari sekali petani bisa panen dengan rata-rata 2 buah perpohon. Dengan berat per-buah rata-rata 1 Kg dengan harga jual sekurang-kurangnya Rp. 2.500,- tinggal hitung saja berapa uang yang bisa didapatkan. Dan ingat, panen bisa dilakukan setiap 3 hari sekali jika tidak ada gangguan dan bisa terus menerus selama kurang lebih 3 tahun ( usia produktif pepaya california ) dengan hasil total perpohon bisa sampai 90kg. Silahkan hitung sendiri, inilah jawaban dari keuletan petani dalam budidaya pepaya california.

Ini adalah salah satu pilihan tepat bagi petani professional di Ponorogo atau di tempat-tempat lain. Budidaya pepaya california sekarang mulai banyak yang berminat, pemasaran juga tidak terlalu sulit karena pepaya ini rasanya enak dan tidak mudah "mlenyeh", semoga semakin banyak pelaku lain yang juga melakukan budidaya pepaya california sehingga hal ini bisa memberikan dampak positif terhadap taraf ekonomi para petani.

11 komentar untuk "Budidaya Pepaya California, Menggiurkan Petani"

  1. mw nanya mas.tempat nya di mana sampean?

    BalasHapus
  2. atw ada nomer.wa sampean berapa mas?

    BalasHapus
  3. Herdihermawan64@gmail.com5 April 2017 pukul 05.38

    asskum.mas.mw.nanya.sampean rumah nya di mana.?dan nmr.wa sampean berapa?

    BalasHapus
  4. untuk keperluan apa yha? kalo pepaya bisa ke yangong, jimbe, jenangan Ponorogo. Kalo kantor redaksi di PDM Ponorogo

    BalasHapus
  5. untuk keperluan pepaya bisa ke yanggong, jimbe, jenangan, ponorogo

    BalasHapus
  6. mw nanya tentang pepaya kalifornia.mas?

    BalasHapus
  7. sipp, bisa ke nomer diatas. untuk lansun ke kebun bisa ke sidoarjo pulung, deket POM bensin. pembibitan ada di yanggong jimbe jenangan

    BalasHapus
  8. eh nmer watsap sampean berapa mas kok.nmer tidak.ada di watsap?

    BalasHapus