Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dakwah Dan Gembira

[caption id="attachment_1108" align="aligncenter" width="350"] Icuk Aribowo ( tengah )[/caption]

Dua kata yang tertera dalam judul diatas mari kita intip di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Yang pertama adalah kata "Dakwah".

  1. Dakwah/dak·wah. Artinya adalah: penyiaran, propaganda, penyiaran agama dan pengembangannya di kalangan masyarakat, seruan untuk memeluk, mempelajari, dan mengamalkan ajaran agama.

  2. Berdakwah/ber·dak·wah. Mengajak (menyerukan) untuk mempelajari dan mengamalkan ajaran agama, berkhotbah (memberi penerangan) tentang agama.


Yang kedua adalah kata "Gembira" kata gembira menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:

  1. Gembira/gem·bi·ra, artinya adalah: suka, bahagia, bangga, senang.

  2.  Bergembira/ber·gem·bi·ra artinya adalah: merasa bangga dan berani, bersuka hati, berbesar hati.

  3.  Menggembirakan/meng·gem·bi·ra·kan, artinya adalah: menjadikan gembira, membangkitkan rasa gembira atau menyenangkan.


Dua kata diatas kalau di gabung akan menjadi "Dakwah yang menggembirakan". Dan kalau dua kata diatas yaitu dakwah dan gembira kalau dilaksanakan akan serasa nikmat dan memberi arti kepuasan tersendiri bagi pelakunya.
Penting kiranya dicermati dan direnungkan bagi semua insan, dalam melaksanakan aktifitas dakwahnya selalu menerapkan arti dua kata diatas.

Saya yakin kalau mau menerapkan dua arti kata diatas terutama juru dakwah, insaAlloh aktifitas dakwah selalu mendapat respon positif dari sasaran dakwah.

Ditulis oleh: Icuk Aribowo, anggota bidang kominfo PDPM Ponorogo.

Posting Komentar untuk "Dakwah Dan Gembira"