Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekolah Ini Luluskan Santri Program Percontohan Kelas Tahfidzul Qur'an

Kamis 25 Mei 2017 di MI Muhammadiyah 6 Nglegok digelar pelepasan santri tahun ajaran 2016/2017 dengan kado istimewa. Pasalnya pada tahun ini madrasah berhasil melaksanakan program percontohan Tahfidzul Qur’an. Program percontohan Tahfidzul Qur’an dilaksanakan untuk santri kelas VI yang telah menyelesaikan Ujian Nasional dengan program 5 pertemuan menghafal Surat Al-Mulk.

[caption id="attachment_1319" align="aligncenter" width="480"] Santri MIM 6 Nglegok[/caption]

Hasilnya sangat membanggakan, dari 11 santri yang mengikuti program tersebut Alvin salah satunya berhasil menghafalkan 23 ayat dari Surat Al Mulk, yang berarti 5 kali pertemuan mampu menghafal 1 lembar al-Qur’an (2 halaman). Hal tersebut menambah semangat dan optimisme warga sekolah untuk Program Tahfidz 6 tahun 6 Juz yang akan dilaksanakan pada tahun 2017/2018 yang akan datang.

Pada pelepasan tersebut juga dihadiri oleh Ustadz Rohmadi M.PI yang sekaligus sebagai bendahara PDM Ponorogo memberikan penguatan program kristalisasi pendidikan al-Qur’an di lembaga pendidikan Muhammadiyah, dalam hal ini MI Muhammadiyah 6 Nglegok menjadi sekolah binaan untuk dikembangkan menjadi sekolah Adab dan Tahfidz. Sekolah adab, kata ustadz Rohmadi adalah sekolah yang mengajarkan kecerdasan Qur’ani, kecerdasan yang bersumber dari nilai-nilai dalam al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah saw, yang selama ini pendidikan adab menjadi nilai tambahan (bukan nilai yang utama) dalam pendidikan modern. Maka, MI Muhammadiyah 6 Nglegok akan berjuang dengan pendidikan adab sebagai pilar utama dalam pendidikan madrasah dan penopang kemajuan umat Islam.

Pelepasan tahun ini, sangat menarik karena semarak kebersamaan dan kekompakan Muhammadiyah Ranting Nglegok sangat teruji dengan parade Tarhib Ramadhan, karena di pagi hari itu juga Muhammadiyah Nglegok menunjukkan Syiar Ramadhan dengan Jalan Santai Menyambut Ramadhan yang dikoordinir oleh PRNA Nglegok, sehingga dalam jalan santai tersebut mampu menghadirkan sekitar 500 peserta dan ditambah dengan kemeriahan Drum Band Bahana Surya Ceria MI Muhammadiyah 6 Nglegok mengiringi jalan santai, dilanjutkan dengan Pelepasan santri Kelas VI dan Tabligh Akbar menyambut bulan Ramadhan 1438 H.

Kemeriahan menyambut Ramadhan di Muhammadiyah Ranting Nglegok tidak terlepas dari peran PRM, PRA, PR PM, PR NA, dan PR IPM Nglegok saling saling bahu membahu mensuksekan parade Tarhib Ramadhan dan Pelepasan Santri kelas VI tahun ajaran 2016/2017 karena Pemuda Muhammadiyah dan Ikatan pelajar Muhammadiyah Nglegok adalah penopang kesuksesan rangkaian acara parade Tarhib Ramadhan 1438 H.
Ditulis Oleh: Bambang Wahrudin, Wakil Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi PDPM Ponorogo

Posting Komentar untuk "Sekolah Ini Luluskan Santri Program Percontohan Kelas Tahfidzul Qur'an"