Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KKN Ala FAI UMPO 2017




KKN (Kuliah Kerja Nyata) menjadi kegiatan Universitas agar para mahasiswanya bisa membaur lebih dekat dengan lingkungan masyarakat. Terhitung mulai tanggal 4 September 2017 sampai dengan tanggal 4 Oktober 2017 KKN FAI Universitas Muhammadiyah Ponorogo berlangsung. Para mahasiswa KKN ditempatkan di Beton Siman Ponorogo yang terfokus tepatnya di Panti Asuhan dan Pesantren Al Hikmah Beton Siman.
Tiga agenda yang menjadi unggulan dari KKN ini adalah adanya pengajian Akbar bekerjasama dengan pemerintah desa Beton. Pengobatan gratis yang bekerjasama dengan RSU Muhammadiyah Ponorogo dan Festival Layang-layang bekerjasama dengan pemuda desa Beton. Semua agenda besar ini cukup berkesan dan tentunya antusias dari masyarakat luar biasa. Selain dari tiga agenda besar ini KKN FAI Universitas Muhammadiyah Ponorogo memiliki kegiatan yang terplot menjadi beberapa bidang. Adapun bidang-bidang tersebut adalah pendidikan yang konsen di Madrasah Diniyah dalam materi English, Arabic, bimbingan belajar malam dan waktu pagi hari masuk ke ranah  RA/BA MI. Para mahasiswa juga serius menekuni kaligrafi sehingga dapat mengisi materi dengan kaligrafi untuk para santri Al Hikmah Beton Siman Ponorogo.
Adapun dalam bidang keterampilan jadwal yang sudah terlaksana seperti sudah membuat bros dari bahan bekas, membuat celengan dari blombong kertas karton dan membuat wadah tisu dari kertas Koran.
Dalam bidang keagamaan ada tahfidz, samroh, ikut serta kemasyarakatan yasinan, dan muhadhoroh untuk adik-adik santri Al Hikmah.
Dalam mengembangkan potensi kewirausahaan para santri, mahasiswa KKN mengadakan materi pembelajaran kewirausahaan. Adapun agenda yang telah terlaksana yaitu membuat pentol dari tepung, membuat krupuk, membuat jamur krispi dan mengadakan pelatihan bercocok tanam dengan cara pencangkokan serta stek batang.
Tidak terlupa mahasiswa KKN FAI Universitas Muhammadiyah Ponorogo memasukkan bidang kesehatan dalam jadwal kegiatan KKNnya. Yakni adanya senam pagi, jalan-jalan pagi, outbond dan adanya pengobatan gratis bagi masyarakat Beton Siman Ponorogo yang bekerjasama dengan RSU Muhammadiyah Ponorogo. Selain kegiatan-kegiatan ini selama dipanti asuhan dan pesantren Al Hikmah bapak pengasuh panti yakni ustad Imam Mujahid memberikan kesempatan kepada para mahasiswa KKN untuk mengisi kajian singkat rutin setelah salat maghrib berjamaah. Kesempatan lain yang diberikan ustad Imam yakni menjadi imam salat
DPL KKN FAI Universitas Muhammadiyah Ponorogo yakni ustad Aldo Redo Syam menyampaikan, “KKN FAI 2017, telah memberikan pengalaman berharga bagi saya dan peserta KKN untuk bisa bekerjasama dalam satu team. Dimana kita berusaha untuk menyatukan visi dan misi diantara banyaknya perbedaan tiap individu.”
Beliau juga dapat mengenal dan mengidentifikasi sifat-sifat dari teman-teman KKN FAI 2017, meskipun diantara mereka masih ada kekurangan atau ada yang bilang “gak bisa apa-apa”, tapi ustad Aldo mempunyai keyakinan bahwa teman-teman KKN 2017 itu punya bakat dan potensi yang dapat menjadikan sumbangsih positif bagi tim KKN FAI UNMUH Ponorogo tahun 2017, meskipun teman-teman tidak ada yang menyadarinya. Jelasnya.
Dosen yang dikenal dekat dan bisa membaur dengan mahasiswanya ini juga menambahkan bahwa canda, tawa yang terkadang dihiasi dengan perdebatan-perdebatan merupakan hal yang pasti akan dialami dalam kehidupan, tentunya akan terasa aneh jika hidup selalu gembira setiap saat, sedih atau marah setiap saat.
Harapan dari ustad Aldo agar para mahasiswa mampu memahami keadaan dan kondisi orang lain dengan dhomir (hati nurani), bukan dengan emosi (akal logika). Sehingga harus tetap semangat, tetap amanah dan tetap menjadi pejuang (SAP).
“Semoga dengan KKN ini menjadi pondasi bagi kita semua, untuk dapat melihat realita yang terjadi dilapangan, bukan hanya untuk fakta yang tak ada buktinya.” Tambahnya.
Sukses KKN FAI UMPO 2017, semoga kreativitas tetap terpupuk.


Posting Komentar untuk "KKN Ala FAI UMPO 2017"