Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesantren Mahasiswa Al-Manar Kebanjiran Santri

Pesantren Mahasiswa Al-Manar Kebanjiran Santri

“SANTRI”, jika kita mendengar istilah ini maka setiap orang akan memaknainya dengan seseorang yang sedang belajar di pesantren. Pagi ini hal yang tidak lazim terjadi, yaitu tepatnya di Pesantren Mahasiswa Al Manar UNMUH Ponorogo sedang berkumpul ratusan para calon santri/mahasiswa. Mereka bukanlah anak-anak remaja yang baru lulus SD/SMP yang mau ikut pesantren, tetapi mereka adalah mahasiswa semester 1 UNMUH Ponorogo. 

Mereka dikumpulkan dalam rangka technical meeting program Pesantren Mahasiswa Al Manar, sehingga mereka yang hadir tersebut adalah calon santri yang nantinya akan mengikuti program pembinaan pesantren selama satu bulan. Antusiasme mahasiswa untuk mejadi santri sangat luar biasa, ba’da subuh mereka sudah mulai berdatangan untuk mengikuti acara pembekalan calon santri ini, sehingga tepat pukul 06.00 pagi acara sudah dimulai secara tepat waktu.

Dalam acara pembekalan ini dijelaskan seluruh aktifitas kegiatan yang akan dilakukan oleh para calon santri selama tinggal di Pesantren Mahasiswa Al Manar. Kegiatan pesantren dimulai pukul 16.45 WIB sampai pukul 06.00 WIB esok harinya selama satu bulan. Setiap hari santri akan diajari tentang materi Aqidah, Ibadah, Baca Tulis Al Qur’an, dan Adab. Selama satu bulan tersebut santri akan didampingi oleh para ustadz yang sudah pengalaman dalam pembinaan mahasiswa. 

Kegiatan pesantren mahasiswa ini didesain untuk mewujudkan akademi islam yang beraqidah lurus dan berakhlaq mulia. Seluruh kegiatan pesantren ini juga dibuat secara mendetail sehingga tidak mengganggu aktifitas perkuliahan santri/mahasiswa. Bagi mereka para santri/mahasiswa yang mendapatkan jam kuliah pagi atau sampai sore pun diperbolehkan terlambat datang atau meninggalkan pesantren lebih awal asalkan ada pemberitahuan. 

Pesantren Mahasiswa Al Manar UNMUH Ponorogo di tahun ini, sudah dapat dihitung berjalan di tahun ke-3. Dua tahun berturut-turut program ini sukses terselenggara, meskipun dalam hal teknis ada beberapa yang akhirnya dievaluasi dan diperbaiki pada tahun ketiga ini. Dengan adanya program pesantren mahasiswa ini diharapkan mahasiswa tidak hanya unggul dalam hal akademik saja, tetapi juga mampu memahami agama Islam dengan benar dan melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya. Sehingga ketika para santri/mahasiswa ini lulus kuliah, mereka dapat berperan dimasyarakat dimanapun berada, karena sudah memiliki bekal hidup dunia akhirat.

Posting Komentar untuk "Pesantren Mahasiswa Al-Manar Kebanjiran Santri"