Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kang Roshid Go To Jogokariyan

Alhamdulillah segala puji bagi Allah swt. yang telah memberikan keselamatan pada rombongan Pemuda Muhammadiyah Ranting Singkil Balong yang berangkat ke Yogyakarta untuk melakukan studi banding ke Masjid Jogokariyan.

Berikut beberapa pelajaran dapat diambil dari perjalanan ke Jogokariyan :

1. Fungsi DKM
Masjid adalah tempat ibadah sekaligus “rumah Allah” oleh karena itu setiap anggota dewan keluarga masjid adalah “petugas-petugas Allah”. Pengurus masjid harus didasari dengan keikhlasan untuk kepentingan bersama bukan hanya untuk kepentingan golongan tertentu.

2. Gerakan Shalat Berjamaah
Shalat adalah tiangnya agama dan jika dilakukan bersama-sama akan semakin kuat agamanya, bagi jemaah Masjid Jogokariyan hal itu disadari dengan baik. Pengurus masjid jogokariyan secara istiqomah terus menjalankan shalat berjamaah di masjid dan secara perlahan mengajakan warga-warga yang belum mau untuk berjamaah di masjid.

3. Regenerasi
Sebagaimana organisasi pada umumnya regenerasi adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan karena siapa lagi yang akan meneruskan perjuangan pengurus masjid saat ini jika bukan anak-anak dan remaja kelak. Untuk ini program regenerasi perlu dilakukan sejak dini dengan mengenalkan dan membiasakan anak-anak untuk ke masjid.

4. Sistem Pengelolaan Keuangan
Uang masjid adalah titipan untuk kepentingan bersama, untuk itu pengurus Masjid Jogokariyan mempunyai motto “Saldo Kas Rp. 0,-“. Dalam realisasinya bukan berarti saldo masjid benar-benar kosong, namun hal ini diartikan dengan setiap ada segala kebutuhan masjid tidak akan segan-segan untuk mengeluarkan uang kasnya.

5. Sarana Prasarana
Di masa Rasulullah saw mesjid tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga digunakan untuk kegiatan positif lain seperti bermusyawarah dan menuntut ilmu. Setiap masjid harus memiliki sarana dan prasarana yang baik agar dapat mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan.

Demikian beberapa pelajaran yang didapat dari kunjungan ke Masjid Jogokariyan. Semoga hal-hal baik yang ada disana dapat menjadi spirit pemuda muhammadiyah ranting Singkil Balong untuk berkarya.

Posting Komentar untuk "Kang Roshid Go To Jogokariyan"