Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunikan-keunikan Saat UNBK Tahun Ini Di Ponorogo

Ada saja yang unik pada UNBK SMP/MTs tahun ini, mulai dari trouble server pusat di hari dan detik pertama, masalah listrik PLN tiba-tiba mati, masalah trouble dari perangkat komputer, masalah network, sampai dengan keunikan siswa saat mengerjakan soal-soal ujian bahkan keunikan petugas saat menangani masalah yang ditemui.

Ponorogo, kemarin pemudamu.com mendapatkan informasi dari sebuah sekolahan di pegunungan selatan Ponorogo, Bungkal, ada keunikan tersendiri saat prosesi UNBK di selenggarakan di sekolahan ini. Melalui media sosial petugas berbagi cerita tentang adanya masalah sejak hari pertama sampai hari Rabu kemarin. Beliau menceritakan masalah trouble server di hari pertama, ini cukup membuat anak-anak stress, demikian juga petugas dan para Guru. Hari kedua ada masalah dengan listrik PLN yang tiba-tiba mati begitu saja, petugaspun sempoyongan menyalakan mesin Diesel yang disiapkan apa adanya. Hari ketiga masalah ada di komputer server, ini juga cukup memusingkan teknisi yang bertanggung jawab disana. Cerita ini mengundang keprihatinan sekaligus tawa pembaca karena rupanya masalah ini ditanggapi dengan enjoy oleh seluruh petugas terkait.

" Semoga H4 ( hari ke 4, red. ) Amplop dibagi... ", Kilah salah satu petugas Herianto ( nama samaran, red. )

Keunikan juga datang dari cara siswa mengerjakan soal-soal yang sulit menurut mereka. Dari pantauan pemudamu.com langsung di ruang ujian, ada siswa yang mengerjakan soal pilihan ganda yang terlalu sulit dengan memilih jawaban yang paling panjang, misalnya pada pelajaran Bahasa Inggris. Ada yang main insting begitu saja atau dalam bahasa jawa dikenal " Ngawot ". Pengawas hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala sambil tidak lupa berdoa dalam hati semoga hasil ujian siswa bagus walaupun kadang-kadang menggunakan cara-cara unik tersebut.

Dari Panjeng, Jenangan Ponorogo, Siapa sangka pas lagi enak-enak ujian eh tiba-tiba listrik mati padahal listrik sebelah nyala normal. Telusur punya telusur ternyata anak kecil yang masih sekolah TK di sebelah usil mematikan MCB Listrik dengan memanjat menggunakan kursi, hmmm. Bikin geram namun tidak bisa berbuat apa-apa.

Masih banyak keunikan-keunikan yang kadang-kadang menggemaskan selama dilaksanakan ujian UNBK tahun ini di Ponorogo termasuk masalah koneksi yang tiba-tiba putus, tiba-tiba logout yang dialami hampir di semua sekolahan. Ketika komplain ke pusat hanya dijawab dengan Sabar. Memang sabar lah kunci suksesnya segala hal.

Hari ini juga ada kabar dari salah satu sekolahan di Ponorogo yang banyak perangkatnya terbakar lantaran PLN mati dan menggunakan mesin diesel yang rating tegangannya terlalu tinggi.

Terlepas dari semua itu, UNBK hari ini telah memasuki hari terakhir (26/4), semua pihak deg-deg an menunggu hasil ujian berbasis komputer yang sudah dilaksanakan tiga kali ini di Indonesia. Secara umum ujian dilaksanakan dengan baik di seluruh Indonesia. Pihak penyelenggara juga telah memaksimalkan pelayanan agar semua berjalan dengan lancar, hanya masalah-masalah kecil yang tidak menjadi penghambat yang terlalu serius yang bisa segera ditangani dengan baik.




Posting Komentar untuk "Keunikan-keunikan Saat UNBK Tahun Ini Di Ponorogo"