Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Refleksi kemerdekaan

Merdeka adalah terbebas dari segala macam belenggu, aturan, dan kekuasaan dari pihak tertentu. Merdeka merupakan sebuah rasa kebebasan bagi makhluk hidup untuk mendapatkan hak dalam berbuat sekehendaknya.
Dalam sebuah negara, merdeka berarti bebas dari belenggu, kekuasaan dan aturan penjajah.

Kemerdekaan, suatu kata yang selalu menggugah emosi ketika diucapkan. Maka tak heran, hampir seluruh tokoh publik gemar menggunakan kata tersebut untuk membakar semangat masyarakat, baik politisi, aktivis, akademisi, petinggi militer, pekerja seni, hingga tokoh agama.

Setiap orang menginginkan memiliki kemerdekaan untuk beribadah sesuai dengan keyakinannya, untuk membangun keluarga dengan siapapun yang ia cintai, untuk menggunakan produk yang sesuai dengan seleranya, serta untuk mencari kebahagiaan sesuai dengan caranya masing-masing. Kesukarelaan seseorang untuk hidup dirantai oleh orang lain merupakan sesuatu yang sangat kontradiktif.

Arti Dari Sebuah Kemerdekaan Untuk diri kita sendiri adalah kebebasan dari hawa nafsu dalam diri kita. Hawa nafsu wajib kita atasi, karena apabila hawa nafsu kita tidak dapat teatasi maka akan banyak terjadi Peperangan antar agama/antar suku,  banyak terjadi Kemaksiatan, ke tidakadilan, keganasan, kekejian, ke hancuran dan keinginan-keinginan yang yang dapat memecah belah suatu rasa kesatuan yang dapat berdampak buruk bagi suatu Wilayah atau Negara.

Merdeka adalah...
Ketika engkau bebas beribadah kepada Allah
Ketika engkau bebas dari belenggu penghambaan kepada makhluk
Ketika engkau dijauhkan dari kesyirikan
Ketika engkau bebas dari hawa nafsu dan syahwat
Sehingga engkau bebas dari ancaman neraka.

Oleh: Ibued AW. Pegiat Literasi

Posting Komentar untuk "Refleksi kemerdekaan"