Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bawa Laptop Di Musim Hujan, Baca Tips Ini

Bawa laptop di musim hujan menggunakan motor perlu extra hati-hati karena sebagaimana sudah lazim diketahui oleh pengguna laptop bahwa air adalah musuh utama laptop. Bayangin aja jika pas naik motor tiba-tiba hujan dan laptop ada di dalam tas tanpa pengaman maka jika dibiarkan saja dijamin 80% laptop akan rusak.

Perlu diketahui bahwa laptop dilengkapi dengan baterai, sehingga walaupun tidak menyala setidaknya ada tegangan 10V standby di beberapa titik pada motherboard, jika jalur yang sudah bertegangan ini terkena tetesan air maka akan terjadi hubung singkat dan bisa mengakibatkan over current yang ujung-ujungnya komponen yang sensitif di motherboard bisa rusak.

Emang kerusakan akibat terkena air hujan butuh biaya mahal ?

Jawabannya tentu saja relatif, jika air mengenai chipset pasti mahal, bisa sampek diatas 500 ribu. Atau kemungkinan lain, jika air tidak menembus ke motherboard maka yang jadi korban adalah keyboard atau layar LCD.

Wah, daripada membahas akibat kerusakannya yang mengerikan mendingan kita baca tips berikut sobat, agar laptop tetap aman walaupun dibawa keluar pake motor.
1. Tentu saja laptop masukin tas ya
2. Sebelum laptop dimasukkan tas usahakan laptop dimasukkan kantong plastik agar kedap air. Jika menggunakan keresek lubangnya taruh di bagian bawah agar air tidak tergenang.
3. Jika terpaksa keluar rumah saat sedang turun hujan, lepas baterainya kawan, dan lakukan langkah 2 diatas sebelum dimasukkan tas.
4. Pastikan mantel tas terpasang dengan baik
5. Tas yang isinya laptop jangan ditaruh depan dada kawan. Selain akan berhadapan langsung dengan air, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan motor harus berhenti mendadak maka laptop bisa terbentur ke bagian depan motor, pecah deh layarnya.
6. Setelah sampai di rumah langsung keluarkan laptop dari dalam tas, lakukan cek secara visual untuk mengantisipasi adanya rembasan air. Letakkan tas di tempat terbuka agar kelembabannya menurun.

Demikian tips bagi pengguna laptop yang keluar menggunakan motor saat hujan turun, semoga bermanfaat. [ buru computer, laptop specialist ]

Posting Komentar untuk "Bawa Laptop Di Musim Hujan, Baca Tips Ini"