Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Qardhul Hasan Bank Mitra Syariah Untuk UMKM Berdaya

 

pemudamu - Dalam rangka mendukung para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dimasa pandemi, PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo mengeluarkan produk qardhul hasan, sebuah program pembiayaan tanpa jaminan. Beragam jenis usaha mendapat suntikan modal usaha melalui program ini.

Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai sektor. UMKM menjadi salah satu yang merasakan dampaknya khususnya pemilik usaha mikro. Lesunya penjualan dan menurunnya daya beli masyarakat mengakibatkan para pemilik usaha mengeluhkan semakin menipisnya modal untuk melanjutkan usahanya.

"Banyak keluhan yang kita semua ketahui, usaha sulit, modal menipis, berangkat dari ini kami berinisiatif untuk membuat program yang diharapkan bisa membantu masyarakat para pemilik usaha," Demikian ungkap direktur umum PT BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo, Rudi Candra Setiawan kepada pemudamu.co, Sabtu (1/4/2021).

Pak Rudi demikian ia biasa disapa mengatakan program yang dimaksud adalah pembiayaan qardhul hasan.

"Ini adalah pinjaman tanpa jaminan, tanpa biaya administrasi apapun serta tanpa margin ataupun mungkin orang mengenalnya bagi hasil. Jadi penerima pinjaman hanya berkewajiban mengembalikan dana sesuai jumlah uang yang telah diterima," tambahnya menjelaskan.

Dengan program ini diharapkan penerima pembiayaan bisa meneruskan usahanya dan menjadi pelaku usaha yang mandiri,"Karenanya ini juga bertujuan untuk pemberdayaan umat, pemberdayaan pelaku usaha," tambahnya.

Turut terlibat dalam program ini, PT Daya Surya Sejahtera dan Lazismu Ponorogo. Penerima pembiayaan sendiri berasal dari beragam usaha, dari kuliner hingga konveksi rumahan.

2 komentar untuk "Qardhul Hasan Bank Mitra Syariah Untuk UMKM Berdaya"

  1. Alhamdulillah,sebagai wargaMU SAYA SALUT DAN BANGGA DG SIKAP TANGGAP YG DIRESPON langsung OLEH Warga MU terhadap musim pandemi ini, semoga AUM dan pemudaMU TIDAK AKAN PERNAH SURUT DEMI KEMASLAHATAN UMAT, KUSUSNYA UMAT ISLAM. AMIIIN

    BalasHapus